Lokakarya Diseminasi Pelatihan Sumber Pembelajaran Terbuka di Kabupaten Sidoarjo
Creative Commons Indonesia (CCID) bekerja sama dengan SDI Al-Azhar 52 Sidoarjo mengadakan lokakarya diseminasi pelatihan Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) pada tanggal 17 Mei 2025. Lokakarya ini dipandu oleh Bapak Mulyono, S.Hum, M.Pd, finalis 10 besar terbaik pada tahap III pelatihan SPT sekaligus guru di SDI Al-Azhar 52 Sidoarjo.
Acara dibuka dengan pembacaan doa, dilanjutkan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SDI Al-Azhar 52 Sidoarjo, Ibu Claudia Niken Shinta, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangga atas pencapaian Pak Mulyono yang berhasil masuk 10 besar dan membagikan hasil pelatihan yang telah diikutinya. Ia juga berpesan kepada para pendidik untuk terus semangat dalam membuat bahan ajar yang menarik dan relevan.



Fitriayu Penyalai, perwakilan dari Creative Commons Indonesia, juga menyampaikan bahwa lokakarya ini mengusung semangat berbagi karya untuk mendukung pengembangan bahan ajar. Ia menekankan bahwa semangat berbagi sangat melekat dengan identitas pendidik. Peserta nantinya juga diajak untuk memanfaatkan karya berlisensi Creative Commons yang diharapkan dapat menginspirasi dalam berbagi karya dengan lisensi CC.
Lokakarya ini diikuti oleh 25 pendidik dari SDI Al-Azhar 52 Sidoarjo. Dalam paparannya, Pak Mulyono menyampaikan materi seputar dasar-dasar hak cipta yang penting diketahui pendidik, pengenalan lisensi Creative Commons, serta pemanfaatan Sumber Pembelajaran Terbuka. Ia juga membagikan contoh bahan ajar yang dikembangkan selama mengikuti pelatihan, yaitu kompilasi berjudul Yuk, Mengenal Candi di Jawa Timur. Sebagai tugas akhir pelatihan, Pak Mulyono membuat media pembelajaran interaktif berjudul Teks Fiksi Cerita Anak yang ditujukan untuk murid kelas 5 SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ia menekankan bahwa perangkat lunak yang digunakan untuk membuat tugas akhir ini berbasis perangkat lunak terbuka, serta materi tersebut dapat diadaptasi oleh pendidik dari berbagai jenjang pendidikan.
Para peserta tampak antusias mengikuti kuis-kuis pengayaan materi yang disampaikan di sela-sela sesi. Mereka juga aktif bertanya seputar topik yang dibahas. Di penghujung sesi, Pak Mulyono memandu peserta dalam praktik membagikan karya berupa foto dengan unsur pengetahuan ke platform Wikimedia Commons, sekaligus melisensikannya dengan lisensi CC. Harapannya, karya-karya tersebut dapat dimanfaatkan oleh pendidik lainnya secara terbuka.
Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada Wakil Kepala Sekolah SDI Al-Azhar 52 Sidoarjo serta penghargaan kepada peserta yang berhasil menjawab kuis dengan benar. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta.
Melalui lokakarya ini, Creative Commons Indonesia berharap dapat mendorong pendidik untuk memahami dan memanfaatkan Sumber Pembelajaran Terbuka serta lisensi Creative Commons, sekaligus mulai berbagi bahan ajar melalui repositori terbuka sebagai langkah mendukung ekosistem pembelajaran terbuka di Indonesia.
Setelah mengikuti rangkaian pelatihan ini, saya jadi mengetahui banyak mengenai hak cipta sehingga saat nanti saya membuat bahan ajar/perangkat ajar, saya dapat memanfaatkan Sumber Pembelajaran Terbuka atau lisensi Creative Commons dalam media-media ajar yang akan saya gunakan. Pelatihan ini sangat bermanfaat, bukan hanya untuk saya, namun juga untuk rekan-rekan pendidik di Indonesia secara umum. Hari ini saya sudah melaksanakan diseminasi, alhamdulillah antusiasmenya sangat luar biasa sekali dan saya sangat senang karena saya dapat berbagi apa yang saya pelajari selama saya mengikuti pelatihan ke teman-teman guru sekolah saya. Terima kasih!
Lokakarya hari ini membuat kita paham mengenai etika dalam berbagi konten digital secara lebih luas lagi dan dapat menumbuhkan semangat untuk berbagi. Sehingga poin penting dari kegiatan ini adalah berbagi dari kami dan untuk kami. Terima kasih!
Kegiatan ini merupakan kegiatan ketujuh dari 10 diseminasi yang akan diselenggarakan oleh Creative Commons Indonesia. Keseluruhan rangkaian pelatihan SPT ini merupakan bagian dari Proyek Adicita 2.0 Creative Commons Indonesia yang didukung oleh Wikimedia Foundation.