Lokakarya Diseminasi Pelatihan Sumber Pembelajaran Terbuka di Universitas Nusa Cendana Kupang
Pada hari Kamis, 17 Mei 2025, Creative Commons Indonesia (CCID) kembali mengadakan lokakarya diseminasi Pelatihan Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Acara ini merupakan acara diseminasi keenam dari Tahap III Pelatihan SPT 3.0 yang telah diselenggarakan oleh CCID sejak bulan Desember 2024. Narasumber utama pada acara ini adalah Ibu Selviana Assumpta Ngawas, S.Pd, seorang guru matematika di SMP Negeri 1 Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang. Ibu Selviana merupakan peserta yang berhasil menjadi sepuluh besar Pelatihan SPT 3.0. Sedangkan, CCID diwakili oleh Raymond Sutanto dan Tri Astari.
Acara berjudul “Lokakarya Pengenalan dan Praktik Sumber Pembelajaran Terbuka” dimulai pada pagi hari yang cerah pukul 09.00 WITA. Sambutan dari CCID diwakili oleh saya, sedangkan sambutan dari sekolah diwakili oleh Ibu Irna Karlina Sensiana Blegur, S.Pd, M.Pd selaku Koordinator Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Cendana. Ibu Irna dalam sambutannya menceritakan bagaimana Ibu Selviana mengontak dirinya pada bulan Maret lalu dan menyampaikan keinginan untuk mengadakan kegiatan di kampus untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Ia tidak berpikir panjang untuk menyanggupi keinginan Ibu Selvi dan langsung membagikan info acara segera kepada mahasiswa. Saya sendiri menjelaskan bagaimana proses Ibu Selviana mengikuti pelatihan ini, terpilih menjadi 10 terbaik dari 1.770 pendidik yang mendaftarkan diri.



Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan doa bersama dan langsung dimulai dengan penjelasan oleh Ibu Selvi. Ibu Selvi membuka penjelasannya dengan video pengantar hak cipta yang ia buat. Setelah menonton video singkat, peserta diberikan penjelasan mengenai dasar-dasar hak cipta, lisensi Creative Commons, dan sumber pembelajaran terbuka. Dalam penjelasan lisensi Creative Commons, Ibu Selvi menggunakan ilustrasi-ilustrasi yang ia buat sendiri secara kreatif. Ibu Selvi juga menceritakan dengan detail mengenai tugas akhirnya yang berjudul LKPD Kekongruenan Dua Bangun Datar.
Kegiatan pengunggahan foto ke Wikimedia Commons dimulai sekitar pukul 11.30 WITA. Ibu Selvi meminta setiap mahasiswa mengunggah 2 karya ke Wikimedia Commons. Seluruh mahasiswa yang hadir berhasil mengunggah foto, meskipun sebagian besar mengunggah dari telepon genggam. Foto yang diunggah peserta dapat dilihat pada kategori berikut ini. Di akhir acara, Bu Selvi membuka sesi pertanyaan dari para mahasiswa. Kami pun tak menyangka bahwa pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan cukup kritis, di luar materi yang dijelaskan, menunjukkan pemahaman mereka yang baik. Bu Selvi juga tak lupa berpesan bagi calon pendidik untuk terus belajar dan berbagi. Kegiatan diakhiri dengan doa penutup.
Kegiatan ini tentu menjadi momen istimewa bagi Creative Commons Indonesia untuk berkontribusi bagi civitas akademika Universitas Nusa Cendana pada khususnya dan Kota Kupang pada umumnya. Semoga acara ini dapat memberikan wawasan mengenai sumber pembelajaran terbuka kepada calon pendidik matematika di kampus ini, memahami dasar-dasar hak cipta dan lisensi Creative Commons, serta meningkatkan minat mereka untuk berkontribusi di repositori sumber pembelajaran terbuka nantinya.
Perasaan saya setelah menyelesaikan kegiatan diseminasi ini sangat bahagia, karena kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses. Harapan saya, semoga pemahaman adik-adik peserta dapat tersampaikan dengan baik. Banyak pertanyaan luar biasa yang mereka ajukan, dan itu menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik serta mengikuti kegiatan ini dengan antusias hingga selesai. Harapan saya terhadap CCID, semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan tidak berhenti hanya sampai tahun ini saja. Jika memungkinkan, saya sangat berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan di daerah saya, agar semakin banyak orang dan adik-adik yang bisa berbagi dan memanfaatkan sumber pembelajaran terbuka.
Dalam kegiatan pelatihan ini, saya merasa materi tentang sumber pembelajaran terbuka sangat bermanfaat, khususnya bagi saya pribadi. Kami jadi lebih berhati-hati dalam menggunakan media atau sumber-sumber yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih aman secara legal. Saya berharap pelatihan seperti ini terus dilaksanakan kedepannya untuk memberikan pengetahuan, terutama di kalangan para pengajar, agar lebih teliti dan bijak dalam menggunakan media pembelajaran untuk peserta didik. Pesan saya untuk CCID, semoga kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dan dikembangkan, sehingga semakin banyak pengajar yang terbantu dan mendapatkan manfaatnya.
Kegiatan ini merupakan kegiatan keenam dari 10 diseminasi yang akan diselenggarakan oleh Creative Commons Indonesia. Keseluruhan rangkaian pelatihan SPT ini merupakan bagian dari Proyek Adicita 2.0 Creative Commons Indonesia yang didukung oleh Wikimedia Foundation.