Pelatihan Daring Sumber Pembelajaran Terbuka 2.0 “Bahan Ajarku untuk Semua”

Creative Commons Indonesia
Poster-Pelatihan-Daring-SPT-2023

Tentang Pelatihan

Creative Commons Indonesia kembali membuka kesempatan bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia untuk mengikuti pelatihan daring Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) 2.0 yang bekerjasama dengan SEAMEO SEAMOLEC. Pelatihan daring SPT 2.0 ini merupakan kelanjutan dari program pelatihan SPT sebelumnya yang terselenggara pada tahun 2020. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam pemanfaatan dan penggunaan SPT.

OER_in_Indonesian_Sumber_Pembelajaran_Terbuka_Logo
IvanLanin, OER in Indonesian Sumber Pembelajaran Terbuka Logo, CC BY 3.0.

Pada pelatihan daring SPT ini, peserta secara intensif akan dibekali dengan kemampuan teknis dalam pemanfaatan dan pembuatan bahan ajar terbuka (SPT) untuk keperluan pendidikan melalui platform yang dimiliki SEAMEO SEAMOLEC, yaitu elearning.seamolec.org. Kemampuan ini juga meliputi pemahaman dasar akan hak cipta dan lisensi Creative Commons sebagai lisensi terbuka. Di akhir pelatihan, peserta akan membuat SPT sesuai bidangnya masing-masing dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan. Tak lupa, peserta juga akan didampingi oleh fasilitator dan narasumber yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Pelatihan ini terbuka untuk pendidik formal maupun informal di Indonesia. Jika Anda merupakan dosen, guru, pelatih guru (teacher trainer), pengajar pada komunitas, pendidik homeschooling, ataupun pekerja sosial dan aparatur negara pada bidang pendidikan, pelatihan ini terbuka untuk Anda. Kuota peserta terbatas hanya untuk 36 orang yang diseleksi berdasarkan isian formulir pendaftaran. Pelatihan ini tidak memungut biaya apapun.

Pendaftaran dibuka pada tanggal 07 – 16 Mei 2023

FORMULIR PENDAFTARAN

Tujuan Pelatihan

Melalui pelatihan ini, peserta akan:

  1. Memahami dasar-dasar hak cipta dalam membuat bahan ajar daring
  2. Memahami dan memanfaatkan lisensi CC dalam membuat bahan ajar daring (commons resources)
  3. Memahami kompatibilitas antar lisensi CC dan lisensi lainnya
  4. Mengenal perangkat-perangkat dalam membuat bahan ajar daring.
  5. Berkolaborasi antar peserta dalam membuat SPT (buku teks terbuka).
  6. Membuat SPT secara mandiri serta memublikasikannya.

Metode Pelatihan

Pelatihan ini dimulai pada tanggal 27 Mei - 17 Juni 2023, yang berlangsung secara daring, yang terdiri dari 2 metode pelatihan. Terbimbing daring melalui Zoom pada pukul 10.00-12.00 WIB tiap hari Sabtu dan Minggu dengan narasumber dan fasilitator, serta belajar mandiri melalui platform elearning.seamolec.org. Materi pelatihan berupa teks, video, kuis dapat diakses melalui platform elearning.seamolec.org. Selain itu peserta pelatihan akan diberikan tugas yang membantu penyelesaian misi utama pelatihan, yaitu membuat bahan ajar terbuka. Peserta akan didampingi oleh fasilitator yang membantu dalam pemahaman materi dan pengerjaan tugas.

Narasumber Pelatihan

Narasumber dan fasilitator pelatihan merupakan praktisi dan akademisi di bidang pendidikan dan hukum yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Ketentuan Peserta Pelatihan

Peserta pelatihan:

  • Merupakan pendidik di lingkungan formal dan informal, mencakup dosen, guru, pelatih guru (teacher trainer), pengajar pada komunitas, pendidik homeschooling, ataupun pekerja sosial dan aparatur negara pada bidang pendidikan.
  • Bersedia meluangkan waktu dan berkomitmen dalam mengikuti dan menuntaskan seluruh rangkaian kegiatan selama periode pelatihan (27 Mei - 17 Juni 2023), termasuk 8 kali pertemuan daring dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan untuk membantu pembuatan SPT.
  • Akan mendapatkan penggantian kuota internet selama satu bulan sebesar Rp250.000.
  • Berkesempatan meraih 3 laptop untuk 3 peserta terbaik, serta mendapatkan total mini-hibah sebesar Rp3.000.000 untuk 3 orang peserta terbaik yang digunakan untuk menyelenggarakan lokakarya pengenalan SPT pada pendidik di wilayahnya masing-masing.
  • Mendapatkan apresiasi berupa sertifikat elektronik dan souvenir dari Creative Commons Indonesia jika telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan.

Jadwal Diskusi dan Aktivitas Kelompok

Seluruh materi teks dan video bisa diakses pada platform elearning.seamolec.org. Berikut jadwal rangkaian pelatihan yang terdiri dari diskusi dan aktivitas kelompok:

Pertemuan Diskusi dan Aktivitas Kelompok
Pra pelatihan Tanya jawab seputar teknis dan info tambahan mengenai pelatihan
Pertama Sesi Zoom 1: Diskusi mengenai konsep dasar hak cipta bagi pendidik
Kedua Sesi Zoom 2: Diskusi mengenai lisensi CC dan aktivitas kelompok menggunakan konten berlisensi CC
Ketiga Sesi Zoom 3: Diskusi mencari, mengevaluasi dan aktivitas kelompok menggunakan sumber pembelajaran terbuka
Keempat Sesi Zoom 4: Diskusi pemanfaatan konten di Wikimedia Commons sebagai bahan baku SPT
Kelima Sesi Zoom 5: Diskusi pembuatan SPT dari karya milik orang lain (koleksi vs adaptasi) dan memublikasi pada repositori sumber pembelajaran terbuka
Keenam Sesi Zoom 6: Diskusi pembuatan SPT dengan perangkat FOSS: Karya milik sendiri

Pertanyaan Umum dan Glosarium

Apakah peserta dipungut biaya untuk mengikuti pelatihan ini?

Tidak dalam rupiah. Biaya pelatihan ini berupa waktu dan komitmen untuk belajar, berbagi, dan berkontribusi pada pendidikan dan pengetahuan sebagai sumber daya bersama yang bisa digunakan semua orang. Karena pelatihan dilakukan secara daring, peserta akan diberikan penggantian kuota internet dengan nominal yang telah ditentukan. 

Apakah peserta harus merupakan pendidik pada institusi formal?

Tidak harus. Selama peserta berperan aktif dalam mendidik anak, siswa, mahasiswa, atau pendidik lainnya baik di lingkungan formal maupun informal dapat menjadi peserta pelatihan ini.

Apakah disediakan sertifikat?

Peserta akan diberikan sertifikat dan souvenir setelah menyelesaikan rangkaian pelatihan.

Jika mendapat mini-hibah, apakah bisa saya gunakan dengan bebas?

Sesuai namanya, mini-hibah harus digunakan sesuai ketentuan. Walaupun ketentuannya cukup bebas, namun penggunaan harus ditujukan untuk mendiseminasi bagian kecil dari pengetahuan dan/atau keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini kepada jejaring pendidik yang dimiliki peserta. 

Glosarium

Sumber Pembelajaran Terbuka: dikenal juga dengan istilah Open Educational Resources (OER) yakni  materi ajar atau hasil penelitian yang tersedia dalam berbagi media secara terbuka (menerapkan lisensi terbuka) dan bebas biaya untuk diakses, digunakan kembali atau diadaptasi, dan disebarkan kembali oleh penggunanya dapat disebut sebagai SPT. SPT biasanya berupa buku teks, kurikulum, silabus, catatan, contoh penugasan, contoh tes yang disediakan dalam format audio, video tutorial maupun animasi. (UNESCO)

Lisensi terbuka adalah alat berupa pemberitahuan hak cipta yang menerapkan prinsip keterbukaan yang paling tidak mengizinkan pengguna ciptaan untuk menggandakan dan menyebarluaskan ciptaan dengan lisensi tersebut.

Creative Commons adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Amerika Serikat dan berkantor pusat di Kanada dengan fokus pada gerakan keterbukaan.

Lisensi Creative Commons adalah alat berupa pemberitahuan hak cipta dengan prinsip keterbukaan yang diciptakan oleh organisasi Creative Commons.

Narahubung: Cita: 0812-8747-8132
Surel: info@creativecommons.or.id