Webinar Pelatihan Komunitas Guru Hidup: Berbagi Bahan Ajar Digital

Creative Commons Indonesia
Example alt text
Lany pirna, Webinar Pelatihan KGH, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Creative Commons Indonesia (CCID) bekerjasama dengan Komunitas Guru Hidup mengadakan Webinar Sumber Pembelajaran Terbuka bertajuk “Berbagi Bahan Ajar Digital dengan Lisensi Creative Commons”, yang diselenggarakan pada hari Senin, 30 Januari 2023. Webinar ini termasuk dalam salah satu rangkaian acara dalam pelatihan Komunitas Guru Hidup, yang terdiri dari tiga hari rangkaian acara. Salah satu perwakilan Komunitas Guru Hidup memberikan sambutan dan sekaligus membuka pelatihan ini.

Materi pertama yang dibahas dalam sesi webinar “Berbagi Bahan Ajar Digital dengan Lisensi Creative Commons” mengenai dasar-dasar Hak Cipta dan Lisensi Creative Commons oleh Fitriayu. Untuk memudahkan peserta memahami dasar-dasar hak cipta, peserta diajak untuk mengikuti permainan kuis miskonsepsi Hak Cipta. Terdapat kurang lebih 20 peserta yang berhasil menjawab dengan benar. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan lisensi Creative Commons, mulai dari 4 ketentuan hingga 6 jenis lisensi Creative Commons.

Kemudian materi selanjutnya oleh Raymond Sutanto selaku perwakilan dari CCID. Raymond memperkenalkan sumber pembelajaran terbuka (SPT) yang menjadi topik utama dalam webinar ini. Selain pengantar mengenai konsep dasar SPT, peserta diajak untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai SPT, dengan diperbolehkan melihat buklet digital SPT seri 1 yang sebelumnya telah dibagikan pada peserta. Terdapat kurang lebih 20 peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Kegiatan ini sekaligus menjadi penutup acara webinar yang dihadiri oleh 80 orang peserta dari pendidik di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya ini.

***Kegiatan ini merupakan rangkaian lokakarya dan webinar Sumber Pembelajaran Terbuka Creative Commons Indonesia. Kegiatan ini di bawah naungan Proyek Adicita dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia. Selain berkolaborasi dengan Komunitas Guru Hidup di Sulawesi Selatan, diadakan juga webinar sumber pembelajaran terbuka dengan mitra lainnya. Pantau terus kegiatan kami di media sosial Creative Commons Indonesia.