Lokakarya Sumber Pembelajaran Terbuka Bagi Pendidik di Samarinda

Creative Commons Indonesia
Example alt text
Fitri Penyalai, Lokakarya SPT di Samarinda, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Creative Commons Indonesia mengadakan lokakarya sumber pembelajaran terbuka (SPT) yang bekerja sama dengan komunitas duta rumah belajar Samarinda pada 28 Januari 2023. Lokakarya SPT yang bertajuk “Berinovasi dan Berbagi Bahan Ajar Digital” ini dibuka oleh Ibu Wiwik Setiawati, M.Pd selaku Kepala Balai Guru Penggerak Kalimantan Timur.

Narasumber pertama yakni Muhammad Yahya yang merupakan Duta Rumah Belajar Kalimantan Timur dengan judul “Berinovasi Bahan Ajar Digital”. Pada pemaparannya dijelaskan mengenai bagaimana agar pendidik dapat berinovasi dalam membuat bahan ajar digital dan dibahas pula mengenai AR yang menjadi keahlian Pak Yahya. Kemudian dijelaskan mengenai jenis-jenis bahan ajar daring, apa saja yang diperlukan dalam membuat bahan ajar daring hingga peralatan apa saja yang dapat digunakan dalam membuatnya.

Selanjutnya, dalam mendesain bahan ajar daring dijelaskan oleh Pak Yahya bahwa dipelukan bahan baku digital lainnya seperti (foto, video, musik dan lainnya). Akan tetapi tidak semua “bahan baku digital” yang kita temui di dunia maya dapat kita pakai semuanya karena berkaitan dengan pelindungan hak cipta.

Example alt text Example alt text Example alt text
Video perkenalan CCID oleh Komunitas Rumah Belajar Kalimantan Timur.

Untuk itu, di materi kedua dengan judul “ Berbagi Bahan Ajar dengan Lisensi Creative Commons” dijelaskan oleh Fitriayu dan Raymond Sutanto. Pada penjelasan diawali dengan permainan kuis miskonsepsi Hak Cipta, dimana 21 peserta, yang merupakan pendidik, dibagi menjadi 4 kelompok dan menjawab 6 pernyataan terkait hak cipta dengan jawaban benar atau salah. Setelah itu, dilanjutkan dengan penjelasan lisensi Creative Commons.

Setelah mengetahui terkait dasar hak cipta dan lisensi CC, materi dilanjutkan oleh Raymond Sutanto yakni mengenai berbagi bahan ajar berupa foto ke repositori Wikimedia Commons. Dijelaskan juga bahwa pendidik tidak hanya bisa mengunduh bahan baku digital untuk membuat bahan ajar di Wikimedia Commons, akan tetapi dapat juga turut berbagi bahan ajar dengan mengunggahnya. Dipandu pula berbagi bahan ajar berupa foto yang dapat dimanfaatkan dalam membuat bahan ajar digital.

Acara ditutup oleh Kepala Tata Usaha UPTD Tekkom dan foto bersama seluruh peserta yang tidak hanya berasal dari Samarinda namun kota-kota lainnya di Kalimantan Timur. Terima kasih pendidik di Samarinda!