Peluncuran Buklet Sumber Pembelajaran Terbuka

Creative Commons Indonesia

Creative Commons Indonesia meluncurkan buklet Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT atau Open Educational Resources (OER)). Buklet ini disusun secara kolaboratif bersama dengan Wikimedia Indonesia, Perpustakaan Kemdikbudristek, SEAMEO SEAMOLEC, BRIN, dan komunitas Gimpscape Indonesia. Adapun penyusunan buklet ini diadakan secara daring dan luring yang telah dimulai dari bulan November 2022.

Buklet 1
Unduh buklet

Buklet SPT ini terdiri dari 2 seri yakni pengenalan dan panduan Sumber Pembelajaran Terbuka. Pada seri 1 berisikan mengenai dasar-dasar hak cipta bagi pendidik, penjelasan lisensi Creative Commons dan sumber pembelajaran terbuka. Tak lupa juga cerita dari pengalaman pendidik dalam membuat dan membagikan bahan ajarnya dengan lisensi Creative Commons yakni Dasapta Erwin, Nur Fahmia, Tri Astari.

Buklet 2
Unduh buklet

Pada seri kedua, terdapat pemaparan mengenai bagaimana membuat SPT. Mulai dari cara melisensi karya dengan lisensi CC. Kemudian, mencari bahan baku berlisensi CC di platform seperti RIN, Seamolec, Wikimedia Commons, Lumbung Gimpscape dan juga Perpustakaan Kemdikbudristek. Selanjutnya terdapat pula informasi mengenai cara memberikan atribusi, serta ketentuan apa saja yang diperbolehkan dalam mengubah dan menggubah bahan baku tersebut. Diakhir terdapat informasi mengenai platform dalam mempublikasikan SPT yang dilengkapi dengan cerita dari tiap kontributor pada platform tersebut yakni Gunawan Kartapranata, Taufan Wijaya, Khambali, dan Ermin Dwi Alita.

Buklet ini juga dilengkapi dengan sisipan dimana di dalamnya terdapat penjelasan tambahan mengenai tema yang sedang dibahas, pengujian pemahaman, reflektif serta beberapa tautan baik itu video maupun gambar. Melalui buklet ini, kami berharap dapat turut serta mempromosikan Sumber Pembelajaran Terbuka sebagai alternatif bagi pendidik, khususnya yang kerap membuat bahan ajar daring.


Kegiatan ini merupakan salah satu dari upaya dalam mempromosikan dan memperkuat sumber pembelajaran terbuka bagi pendidik di Indonesia. Kegiatan ini dibawah naungan Proyek Adicita Creative Commons Indonesia dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan sebagai salah satu upaya dalam menciptakan ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia.