Lokakarya Sumber Pembelajaran Terbuka Bagi Pendidik di Sukabumi

Creative Commons Indonesia
Lokakarya_SPT_CCID_Sukabumi_1
Lokakarya SPT CCID Sukabumi 1 oleh Fitri Penyalai, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Creative Commons Indonesia mengadakan lokakarya sumber pembelajaran terbuka bertajuk “Berbagi dan berkolaborasi bahan ajar digital” di Kota Sukabumi pada 21 Januari 2023. Lokakarya ini ditujukan khusus bagi pendidik yang pernah membuat bahan ajar digital. Sebanyak 26 pendidik turut berpartisipasi aktif pada kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan pengenalan dasar-dasar hak cipta yang perlu diketahui bagi pendidik yang kerap membuat bahan ajar digital. Kemudian, dipaparkan juga mengenai lisensi Creative Commons yang dapat diterapkan dalam membagikan bahan ajar digital. Lebih dari itu, konten berlisensi CC juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam membuat bahan ajar daring. Tentunya dengan memperhatikan ketentuan dan aturan yang ada.

Di sela pemaparan, peserta berpartisipasi dalam beberapa permainan edukatif. Pada permainan dadu lisensi CC, tiga perwakilan peserta diminta melempar dadu secara bergantian dan menjelaskan kembali gambar-gambar ketentuan lisensi CC. Kemudian, ada juga studi kasus yang menceritakan pilihan lisensi CC yang tepat bagi pendidik yang hendak membagikan bahan ajarnya yang sesuai dengan keinginannya. Peserta yang menjawab soal dengan tepat mendapatkan buklet sumber pembelajaran terbuka yang pertama kali diluncurkan di lokakarya ini.

Pada akhir kegiatan, peserta diajak mempraktekkan cara membagikan bahan ajar digital yang direpresentasikan dalam bentuk foto. Koleksi foto peserta bertema kota Sukabumi dilisensikan dengan lisensi CC, kemudian diunggah ke Wikimedia Commons. Dengan demikian, peserta telah mempraktekkan bagaimana berbagi dan bergotong-royong dalam memperbanyak sumber pembelajaran terbuka.

Lokakarya_SPT_Sukabumi_3 Lokakarya_SPT_Sukabumi_6 Lokakarya_SPT_Sukabumi_7
Lokakarya SPT Sukabumi 3, Lokakarya SPT Sukabumi 6, dan Lokakarya SPT Sukabumi 7 oleh Lany pirna, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Testimoni peserta

Kita jadi mengetahui pentingnya hasil karya cipta seseorang, serta pentingnya berbagi karya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Wikimedia Commons sangat bagus untuk digunakan sebagai salah satu platform saya untuk mendapatkan Sumber Pembelajaran. Yang pasti ada CC disana dan saya aman untuk membagikannya kepada peserta didik dan khalayak.


Kegiatan ini merupakan awalan dari rangkaian lokakarya Sumber Pembelajaran Terbuka Creative Commons Indonesia. Kegiatan ini dibawah naungan Proyek Adicita dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia. Selain di Sukabumi, akan diadakan lokakarya sumber pembelajaran terbuka di kota lainnya. Pantau terus di sosial media Creative Commons Indonesia.