Tentang Creative Commons Indonesia

Video perkenalan CCID oleh Jakartabeat.net

Creative Commons Indonesia (CCID) adalah salah satu afiliasi Creative Commons Internasional yang beroperasi di Indonesia. CCID menyediakan hasil terjemahan paket lisensi Creative Commons dalam Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Ide atas akses universal terhadap karya ilmiah, pendidikan, dan budaya dimungkinkan dengan adanya Internet, namun sistem hukum dan sosial kita tidak selalu dapat mewujudkan ide tersebut. Hak cipta telah dibuat jauh sebelum munculnya Internet dan dapat mempersulit pelaksanaan tindakan yang mungkin perlu kita lakukan di dunia maya. Pengaturan dalam hukum hak cipta membutuhkan adanya izin eksplisit, persetujuan terlebih dahulu, baik Anda adalah seorang seniman, guru, rekayasawan, pustakawan, pembuat kebijakan, maupun hanya pengguna biasa. Untuk mencapai akses universal yang dinyatakan di atas, perlu ada pihak yang menyediakan infrastruktur yang bebas, publik, dan terstandardisasi yang menjembatani realitas dunia maya dan aturan hukum hak cipta. Pihak tersebut adalah Creative Commons.

Creative Commons menyediakan fasilitas berupa ketentuan-ketentuan lisensi yang dapat digunakan oleh Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk membagikan karya sambil mempertahankan beberapa hak milik Pencipta dan Pemegang Hak Cipta tersebut atas ciptaan-ciptaannya. Ciptaan-ciptaan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh pengguna, paling tidak dapat digandakan, dan disebarluaskan tanpa harus mendapatkan izin langsung dari Pencipta atau Pemegang Hak Cipta.

Visi kami adalah mewujudkan sepenuhnya potensi internet — akses universal terhadap penelitian dan pendidikan, partisipasi penuh dalam kebudayaan — untuk menuju era baru perkembangan, pertumbuhan, dan produktivitas.

Kami membangun infrastruktur di dalam Creative Commons dan pengguna kami membangun barang komunal tersebut. Kami bekerja untuk meningkatkan adopsi dari alat kami, untuk mendukung dan mendengarkan pengguna kami, dan untuk melayani penggunaan infrastruktur bersama yang dapat digunakan oleh siapapun.

Dalam rangka mencapai visi Internet yang penuh dengan konten terbuka, yang di dalamnya terdapat pengguna sebagai peserta dalam budaya inovatif, pendidikan, dan ilmu pengetahuan, kami bergantung pada dukungan dari pengguna kami dan mereka yang percaya pada potensi Internet. Kami tidak dapat mengelola Creative Commons tanpa dukungan tanpa henti dari Anda. Bantu sebarkan berita tentang Creative Commons kepada teman dan keluarga, dan menyumbang untuk kelangsungan kegiatan Creative Commons sebagai organisasi yang kuat dan stabil!

diskusi publik
Diskusi Terbatas Creative Commons Indonesia, 7 Juli 2012.


Unduh Buku Konten Terbuka – Pedoman Praktis Penggunaan Lisensi Creative Commons!

bukukontenterbuka

Temukan materi komunikasi CCID di Wikimedia Commons.