Peluncuran “Modul Pengajaran Sumber Pembelajaran Terbuka bagi Pelatih” oleh Creative Commons Indonesia

Creative Commons Indonesia

Kabar gembira untuk kita semua! Setelah meluncurkan dua seri buklet Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) pada bulan Januari lalu, kali ini Creative Commons Indonesia (CCID) di bawah Proyek Adicita meluncurkan sebuah buku modul SPT bagi pelatih. Buku yang bertajuk “Modul Pengajaran Sumber Pembelajaran Terbuka Bagi Pelatih” ini diterbitkan sebagai upaya CCID dalam mempromosikan dan memperkuat SPT di Indonesia. Modul ini dirancang untuk mendukung para pelatih atau pegiat SPT yang sebelumnya sudah memahami dasar-dasar sumber pembelajaran terbuka dalam mengenalkan SPT.

Modul ini menawarkan tiga pelajaran utama, yaitu topik hak cipta, lisensi Creative Commons, dan sumber pembelajaran terbuka. Setiap pelajaran dilengkapi dengan penjelasan lengkap mengenai submateri, penjelasan yang terintegrasi dengan buklet SPT seri 1 dan 2, cara penyampaian, durasinya, dan peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, di tiap pelajaran juga diberikan beberapa aktivitas yang dapat digunakan supaya pelatihan lebih menarik dan lebih memahami maksud dari materi yang disampaikan. Seluruh aktivitas yang tersaji pada modul ini telah diuji coba oleh Creative Commons Indonesia pada saat melakukan lokakarya baik daring maupun luring.

modulspt
Unduh modul di sini

Salah satu hal menarik tentang modul ini adalah terintegrasinya dengan Wikimedia Commons, salah satu platform repositori terbuka daring terbesar yang sepenuhnya menyediakan konten berlisensi Creative Commons. Sebagai contoh peralatan yang mendukung pelatihan tersedia dalam format digital, beberapa diantaranya yakni set kartu permainan hak cipta, poster Jika Aku Berbagi Dengan Lisensi Creative Commons, Dadu CC, dan juga Kanvas SPT yang merupakan hasil adaptasi dari OER Canvas yang disusun oleh TU Graz Educational Technology. Peralatan tersebut bisa diunduh atau dicetak dan digunakan untuk mempraktikan aktivitas yang ada.

Jika Anda sebagai pelatih SPT menemukan platform terbuka daring lainnya yang berlisensi Creative Commons dan sesuai kebutuhan, maka tidak tertutup kemungkinan Anda dapat menggunakannya juga.

Modul ini diterbitkan di bawah lisensi CC BY-SA 4.0 Internasional. Anda dapat menyalin dan menyebarluaskan kembali modul ini dalam bentuk atau format apapun; menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari modul ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama Anda mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan (jika ada). Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari modul ini, Anda harus menyebarluaskan karya Anda dengan lisensi yang sama dari modul ini.

Dengan adanya modul ini, kami berharap para pelatih SPT tidak lagi menghadapi kebingungan dalam mengajarkan SPT di lingkungannya dengan lebih efektif dan kreatif. Apabila ada pertanyaan mengenai modul ini, Anda bisa menyampaikannya kepada kami melalui surel info@creativecommons.or.id .


***Kegiatan ini merupakan salah satu dari upaya dalam mempromosikan dan memperkuat sumber pembelajaran terbuka bagi pendidik di Indonesia. Kegiatan ini dibawah naungan Proyek Adicita Creative Commons Indonesia dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan sebagai salah satu upaya dalam menciptakan ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia.