Lokakarya Sumber Pembelajaran Terbuka di Pulau Morotai

Raymond Sutanto

Creative Commons Indonesia kembali mengadakan lokakarya sumber pembelajaran terbuka (SPT). Lokakarya kali ini berlangsung pada hari Rabu, 26 Juli 2023 di Aula SMP Negeri Unggulan 4 Pulau Morotai, Desa Bere-Bere, Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Lokakarya ini merupakan bagian dari diseminasi pasca Pelatihan SPT 2.0 “Bahan Ajarku untuk Semua” yang sebelumnya telah berlangsung pada bulan Mei-Juni 2023.

Narasumber utama pada lokakarya kali ini adalah Ibu Reza Mega Ardhilia. Ibu Reza merupakan seorang guru matematika di SMP Negeri Unggulan 4 Pulau Morotai yang merupakan peserta terbaik kedua dalam Pelatihan SPT 2.0. Lokakarya ini dihadiri oleh 21 orang guru yang berasal dari berbagai tingkat pendidikan se-Kecamatan Morotai Utara. Lokakarya dibuka oleh MC tepat pada pukul 09.30 WIT dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya, diikuti sambutan dari Kepala Sekolah SMP Negeri Unggulan 4 Pulau Morotai, Bpk. Almudin Buwolo, S.Pd., kemudian Creative Commons Indonesia yang diwakili oleh Raymond Sutanto.

Lokakarya_SPT_Morotai_1 Lokakarya_SPT_Morotai_2
Lokakarya SPT Morotai 01 dan Lokakarya SPT Morotai 02 oleh RaymondSutanto, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Ibu Reza mengawali lokakarya dengan kuis miskonsepsi hak cipta. Ternyata, masih banyak peserta yang belum mengetahui bahwa hak cipta dan hak merek memiliki perlindungan yang berbeda. Selain itu, sebagian besar peserta juga menganggap bahwa untuk mendapatkan pelindungan hak cipta, mereka harus mendaftarkannya terlebih dahulu. Namun, yang menarik adalah sebagian peserta menyadari bahwa jangka waktu pelindungan hak cipta tidak bersifat selamanya.

Setelah topik hak cipta, Ibu Reza menjelaskan materi lisensi Creative Commons dan sumber pembelajaran terbuka. Tak lupa, Ibu Reza turut menjelaskan karya SPTnya yang berjudul “Mikro Modul - Melintasi Dunia ROTASI - Memahami Perputaran dalam Matematika Kelas IX”. Ia menjelaskan konten-konten yang ia gunakan untuk menyusun modul tersebut, penulisan atribusinya, juga beberapa fitur seperti Quiz dan video yang turut dimasukkan. Setelahnya, peserta diajak untuk mengenal Wikimedia Commons dan berkontribusi di Wikimedia Commons.

Gohu_Ikan
Gohu Ikan oleh Rezamega13, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Secara umum, kegiatan lokakarya ini berlangsung dengan lancar, namun sangat disayangkan terjadi pemadaman listrik sekitar pukul 11.45 WIT. Hal ini menyebabkan internet juga mati sehingga beberapa peserta tidak bisa mengunggah foto mereka ke Wikimedia Commons. Dengan tidak adanya listrik dan internet, maka acara pun diakhiri dengan kuis, penyerahan merchandise dari Creative Commons Indonesia kepada Kepala Sekolah SMPN Unggulan 4 Pulau Morotai, dan foto bersama. Setelah foto, seluruh peserta menikmati makan siang dengan menu khas Maluku, yaitu gohu, hidangan ikan tuna atau cakalang segar yang diolah dengan berbagai rempah-rempah.

***Kegiatan ini merupakan rangkaian lokakarya diseminasi Sumber Pembelajaran Terbuka Creative Commons Indonesia dibawah naungan Proyek Adicita dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia. Kegiatan serupa juga diadakan di Batang, Jawa Tengah dan Pasuruan, Jawa Timur. Pantau terus kegiatan kami di media sosial Creative Commons Indonesia.