Lokakarya Pengenalan Sumber Pembelajaran Terbuka dan Berbagi Pengalaman Praktik Pembuatannya untuk Pendidik di Pasuruan

Fitriayu Penyalai

Pada tanggal 27 Juli 2023, di Aula B Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur diadakan lokakarya Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) yang dihadiri oleh 35 peserta terdiri dari perwakilan 9 mata pelajaran, yang berkumpul untuk berbagi pengetahuan dan praktik terkait pembuatan SPT. Acara dibuka oleh H.M. Firdaus Effendy, M.Pd, yang merupakan Koordinator MGMP Matematika Kabupaten Pasuruan, dengan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kesempatan yang diberikan kepada para pendidik untuk memanfaatkan karya berhak cipta secara bijaksana. Humilailah, M.Pd, selaku Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dikdas Disdikbud Kabupaten Pasuruan, juga memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan lokakarya ini dan semangat untuk para peserta dan pendidik lainnya untuk berbagi pengetahuan.

Sebelum lokakarya dimulai, diserahkan pula hadiah sebuah laptop dari CCID untuk Bapak Achmad Ardiansyah sebagai penghargaan karena telah menjadi peserta terbaik. Penyerahan hadiah ini disaksikan oleh Pak Firdaus Effendy dan Ibu Humilailah. Lokakarya ini bertujuan untuk mendiseminasikan materi dan pengalaman dari para peserta terbaik yang telah mengikuti pelatihan daring SPT. Salah satu peserta terbaik pada pelatihan ini adalah Achmad Ardiansyah, seorang guru mata pelajaran matematika dari SMPN 2 Rembang, Pasuruan.

Pak Achmad, dalam presentasinya memaparkan karya tugas akhirnya yang berjudul Lembar Kerja Peserta Didik: Pengukuran dan Jenis Sudut . Buku digital tersebut terhubung dengan materi video dan audio sebagai upaya dalam pendekatan pembelajaran terdiferensiasi (visual, audio, dan video) sesuai dengan minat siswa. Pak Achmad menceritakan proses pembuatan bahan ajar digital yang dibagikan dengan lisensi CC BY-SA 4.0 Internasional. Tak luput juga Pak Achmad menceritakan pengalamannya selama mengikuti pelatihan selama satu bulan. Untuk memantik semangat dan menginspirasi peserta lainnya, ditampilkan juga karya-karya tugas akhir peserta lainnya yang dapat diakses di sini.

Setelah itu, Pak Achmad memperkenalkan lisensi Creative Commons (CC) sebagai simbol kerelaan dari pencipta dalam membagikan karyanya melalui SPT. Beliau mengajak peserta untuk mengikuti kuis miskonsepsi terkait hak cipta untuk memastikan pemahaman yang lebih baik. Kuis diikuti dengan antusias. Setelah itu ia memperkenalkan SPT dan 5 prinsip dasarnya. Dalam sesi tanya jawab, para peserta dengan antusias bertanya mengenai strategi pemakaian lagu-lagu di dalam karya SPT dan bagaimana mengatasi permasalahan hak cipta yang mungkin muncul. Diskusi juga mencakup solusi dalam mengunggah video di berbagai platform untuk memastikan SPT dapat diakses dengan lebih mudah dan luas.

Setelah itu, para peserta dipandu untuk praktik mempublikasikan karyanya dengan lisensi CC sebagai simulasi dalam membagikan bahan ajar dengan lisensi CC. Dengan memanfaatkan platform Wikimedia Commons, para peserta dengan semangat berbagi mengunggah foto yang mengandung unsur pengetahuan dan bertemakan Kabupaten Pasuruan. Foto-foto yang diunggah oleh seluruh peserta dapat diakses di sini.

Lokakarya SPT di Pasuruan menciptakan atmosfer yang kreatif dan berbagi pengetahuan yang berharga. Dengan inspirasi dari Pak Achmad, para pendidik kini lebih terbuka untuk menciptakan SPT yang inovatif dan mendukung proses pembelajaran yang lebih beragam dan efektif. Semoga semangat kolaborasi dan pengembangan SPT terus terjaga, untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi generasi penerus.

***Kegiatan ini merupakan rangkaian lokakarya diseminasi Sumber Pembelajaran Terbuka Creative Commons Indonesia di bawah naungan Proyek Adicita dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia. Kegiatan serupa juga diadakan di Morotai, Maluku Utara dan Batang, Jawa Tengah. Pantau terus kegiatan kami di media sosial Creative Commons Indonesia!