Webinar Pengenalan Sumber Pembelajaran Terbuka bersama Komunitas Rumah Belajar Maluku Utara

Creative Commons Indonesia
Example alt text
Lany pirna, Webinar SPT dengan Komunitas Rumah Belajar Maluku Utara, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Pada tanggal 14 Maret 2023, Komunitas Rumah Belajar Maluku Utara bekerja sama dengan Creative Commons Indonesia (CCID) menyelenggarakan webinar bertajuk “Pengenalan Sumber Pembelajaran Terbuka”. Webinar ini ditujukan untuk pendidik di wilayah Maluku Utara sebagai upaya untuk memperkenalkan sumber pembelajaran terbuka dan lisensi Creative Commons sebagai sarana untuk mempermudah pendidik dalam membuat bahan ajar digital.

Dalam webinar ini, Fitriayu dan Raymond Sutanto dari Creative Commons Indonesia memperkenalkan dasar-dasar hak cipta bagi pendidik, lisensi Creative Commons sebagai simbol berbagi, serta beberapa platform yang menyediakan konten berlisensi CC. Selain itu, dijelaskan pula bagaimana pemanfaatan konten berlisensi CC dapat membantu dan memberdayakan pendidik lainnya dalam membuat bahan ajar digital.

Webinar ini penting mengingat saat ini pendidik membutuhkan bahan ajar digital sebagai kebutuhan utama dalam pembelajaran jarak jauh pasca pandemi dan juga perkembangan teknologi. Pembuatan bahan ajar digital memerlukan kreativitas dan inspirasi dalam membuatnya. Dengan mengenal dan memanfaatkan konten berlisensi Creative Commons, pendidik dapat memperoleh sumber belajar yang bermanfaat secara gratis. Lisensi Creative Commons hadir untuk mempermudah aktivitas berbagi yang aman agar tidak terkena pelanggaran hak cipta.

Sebagai pembuka webinar, Pak Surahman selaku ketua Komunitas Rumah Belajar Maluku Utara memberikan sambutan dan pengantar tentang kegiatan webinar. Ia berharap webinar ini dapat memberikan manfaat bagi para pendidik di wilayah Maluku Utara dalam memperoleh sumber pembelajaran terbuka.

Dalam sesi terakhir, disampaikan contoh pemanfaatan konten berlisensi CC dalam membuat bahan ajar. Para peserta webinar diharapkan dapat mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh dalam pembuatan bahan ajar digital. Webinar ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dan kerja sama antara pendidik dalam memperoleh sumber pembelajaran terbuka dan meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Maluku Utara.

***Kegiatan ini merupakan rangkaian lokakarya dan webinar Sumber Pembelajaran Terbuka Creative Commons Indonesia. Kegiatan ini di bawah naungan Proyek Adicita dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia.