Lokakarya Sumber Pembelajaran Terbuka di Kabupaten Batang

Lany Pirnasari

Creative Commons Indonesia mengadakan lokakarya sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Lokakarya ini berlangsung pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 di Aula SD Negeri Proyonanggan 05 Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Lokakarya ini merupakan bagian dari diseminasi pasca Pelatihan Sumber Pembelajaran Terbuka 2.0 “Bahan Ajarku untuk Semua” yang sebelumnya telah berlangsung pada bulan Mei-Juni 2023.

Narasumber utama pada lokakarya ini adalah Bapak Imam Dwi Ajitama. Pak Imam merupakan seorang guru kelas lima di SD Negeri Proyonanggan 05 yang menjadi peserta terbaik pertama dalam Pelatihan SPT 2.0 yang akan berbagi pengalaman dan ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan. Kegiatan lokakarya dimulai pada pukul 09.45 WIB dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya, diikuti sambutan dari Kepala Sekolah SDN Proyonanggan 05, Ibu Ghonimah, S.Pd.I. yang menyambut dengan hangat kedatangan tim Creative Commons Indonesia maupun kegiatan lokakarya ini. Adapun sambutan lainnya dari Koordinator Wilayah Kecamatan Batang Bapak Wahyu Jatmiko, S.H., S.Pd., M.Pd. Beliau merasa bangga karena salah satu peserta terbaik tingkat nasional ada di wilayah Batang dan beliau berharap dengan adanya kegiatan lokakarya ini, peserta yang hadir dapat membagikan kembali ilmunya pada sesama pendidik di wilayah Batang. Sambutan terakhir dari Creative Commons Indonesia yang diwakili oleh Fitriayu, sekaligus penyerahan hadiah berupa laptop pada Bapak Imam sebagai bentuk apresiasi karena telah menjadi peserta terbaik pertama Pelatihan SPT 2.0. Lokakarya ini dihadiri oleh 21 orang guru yang berasal dari berbagai tingkat pendidikan se-Kecamatan Batang.

Lokakarya_SPT_Batang Lokakarya_SPT_Batang Lokakarya_SPT_Batang
Diseminasi SPT Batang, Jawa Tengah, Diseminasi SPT Batang, dan Penyerahan hadiah peserta terbaik - Diseminasi SPT Batang oleh Lany pirna, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Pak Imam memulai lokakarya dengan kuis miskonsepsi hak cipta yang dibuat pada platform Quizizz dan para peserta lokakarya pun aktif berpartisipasi dalam kuis tersebut, hingga didapat 2 peserta lokakarya yang memiliki nilai tertinggi dan mendapatkan hadiah. Walaupun begitu, masih banyak peserta yang keliru dan belum mengetahui informasi mengenai pelindungan hak cipta, salah satunya mengenai penggunaan merek dan logo yang tidak dilindungi oleh hak cipta dan begitupun dengan cara untuk mendapatkan pelindungan hak cipta, yang dimana pencipta tidak harus mendaftarkan karyanya terlebih dahulu.

Setelah topik hak cipta, Pak Imam menjelaskan materi lisensi Creative Commons dan sumber pembelajaran terbuka. Ia juga menjelaskan karya SPTnya berupa video yang berjudul "Sistem Tata Surya". Beliau menjelaskan konten-konten yang digunakan untuk membuat video tersebut, mulai dari platform yang digunakan untuk mencari konten-konten berlisensi CC hingga menjelaskan cara penulisan atribusinya. Setelahnya, peserta diajak untuk mengenal Wikimedia Commons dan berkontribusi di Wikimedia Commons sebagai bentuk simulasi berbagi konten melalui platform terbuka. Peserta dengan antusias menyiapkan foto terbaik mereka yang bertema pengetahuan untuk dibagikan di Wikimedia Commons, dan dihasilkan 20 karya foto dari kegiatan lokakarya ini.

Secara umum, kegiatan lokakarya ini berlangsung dengan lancar. Terjadi sedikit keterlambatan waktu mulai lokakarya sehingga acara berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan. Kegiatan lokakarya ditutup dengan foto bersama dan seluruh peserta maupun panitia menikmati makan siang dengan sajian prasmanan khas Batang.

***Kegiatan ini merupakan rangkaian lokakarya diseminasi Sumber Pembelajaran Terbuka Creative Commons Indonesia di bawah naungan Proyek Adicita dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia. Kegiatan serupa juga diadakan di Morotai, Maluku Utara dan Pasuruan, Jawa Timur. Pantau terus kegiatan kami di media sosial Creative Commons Indonesia!