4 Video Bertemakan SPT Disulihsuarakan oleh Creative Commons Indonesia

Creative Commons Indonesia

Dalam rangka mempromosikan Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT), Creative Commons Indonesia (CCID) telah meluncurkan 4 video bertemakan SPT. Video ini merupakan hasil sulih suara dari bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dan berasal dari berbagai sumber seperti UNESCO, intheacademia, serta video oleh David Blake dan David Wiley.

Naskah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ano Jumisa yang juga penerjemah buku Made With Creative Commons. Naskah tersebut kemudian disulihsuarakan oleh Hardiansyah Taher. Keempat video hasil sulih suara tersebut berlisensi CC BY-SA. Berikut keempat video yang diunggah di kanal Youtube Creative Commons Indonesia dan Wikimedia Commons.

“Mengapa Pendidikan Terbuka Penting?”

Video berjudul "Mengapa Pendidikan Terbuka itu Penting?" menyoroti pentingnya berbagi dalam pendidikan dengan penekanan pada peran revolusi internet dan Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) dengan lisensi terbuka, seperti Creative Commons, dalam mendistribusikan materi pendidikan. Video ini juga menggambarkan bagaimana internet membuka akses pengetahuan secara luas dan gratis, menghapus batasan geografis dan finansial, serta memberikan peluang belajar dan berkontribusi pada perbaikan masyarakat secara keseluruhan. Dengan pemaparan yang jelas dan informatif, video ini menyampaikan pesan tentang pentingnya pendidikan terbuka dalam menciptakan akses yang inklusif dan merata dalam pembelajaran.

Video "Mengapa Pendidikan Terbuka itu Penting?" merupakan disulihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia dari video "Why Open Education Matters?" yang dibuat oleh David Blake dan David Wiley (CC BY 4.0). Video ini dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0 Internasional oleh Creative Commons Indonesia.

Sumber Pembelajaran Terbuka

Video berjudul Sumber Pembelajaran Terbuka ini mengangkat tema evolusi pesat dunia dan bagaimana perubahan ini membawa pergeseran dalam cara kita belajar dan mendapatkan pengetahuan. Selama ini, pendidikan formal di lembaga-lembaga terkemuka menjadi sistem yang eksklusif, hanya dapat diakses oleh sebagian kecil orang. Namun, Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) telah mengubah paradigma ini.

Video “Sumber Pembelajaran Terbuka” disulihsuarakan dalam bahasa Indonesia dari video "The OERs - Open Educational Resources" oleh intheacademia yang dilisensikan dengan CC BY. Video “Sumber Pembelajaran Terbuka” dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0 Internasional oleh Creative Commons Indonesia.

Apa itu Sumber Pembelajaran Terbuka?

Video ini menyoroti pentingnya Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) dalam membentuk masyarakat berkelanjutan dengan akses dan berbagi pengetahuan secara terbuka. SPT memungkinkan akses gratis terhadap bahan pengajaran, pembelajaran, dan penelitian di berbagai media, dengan lisensi terbuka (lisensi CC) untuk adaptasi dan distribusi ulang. Sumber Pembelajaran Terbuka mendukung pendidikan berkualitas yang inklusif dan partisipatif.

Video “Apa itu Sumber Pembelajaran Terbuka?” disulihsuarakan dalam bahasa Indonesia dari video “Open Educational Resources concept: What Is an OER?” oleh UNESCO yang dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0. Video “Apa itu Sumber Pembelajaran Terbuka?” dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0 Internasional oleh Creative Commons Indonesia.

“Mengapa Sumber Pembelajaran Terbuka?”

Video ini mengenai peran penting Sumber Pembelajaran Terbuka (SPT) dalam pengembangan masyarakat secara inklusif dan pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan 2030. SPT memungkinkan akses gratis dan fleksibel terhadap pengetahuan, serta mengurangi biaya pengembangan materi pendidikan. Dalam video ini, dijelaskan bagaimana SPT memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu dan membantu menciptakan pendekatan pedagogis yang efisien dan inklusif untuk mendukung pertumbuhan sosial-ekonomi.

Video “Mengapa Sumber Pembelajaran Terbuka?” disulihsuarakan dalam bahasa Indonesia dari video “Open Educational Resources (OER) and innovation: Why OER?” oleh UNESCO yang dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0. Video “Mengapa Sumber Pembelajaran Terbuka?” dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0 Internasional oleh Creative Commons Indonesia.

Selain keempat video di atas, untuk mempermudah pemahaman akan lisensi Creative Commons (CC) disulihsuarakan pula video yang berjudul “Creative Commons”. Video ini menjelaskan pentingnya Lisensi Creative Commons dalam mengunduh dan berbagi konten digital secara legal. Lisensi ini memungkinkan para pencipta memberikan izin penggunaan kembali karya mereka tanpa repot memberikan izin berulang kali. Dengan berbagai elemen lisensi yang dapat dipilih, para pencipta dapat menentukan tingkat kebebasan penggunaan karya mereka. Video ini juga mengajak para pencipta untuk mempertimbangkan penggunaan lisensi Creative Commons agar karyanya dapat diakses oleh lebih banyak orang dan meningkatkan kolaborasi dan inovasi di dunia digital. Selain itu, pada video ini juga dijelaskan mengenai 4 ketentuan dan 6 jenis lisensi CC dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.

Video ini disulihsuarakan dalam bahasa Indonesia dari video “Creative Commons Kiwi” oleh Creative Commons Aotearoa New Zealand yang dilisensikan dengan CC BY 3.0 New Zealand. Video “Creative Commons (CC) Kiwi” dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0 Internasional oleh Creative Commons Indonesia.

Dengan menyulihsuarakan video-video di atas, besar harapan kami bahwa kesadaran dan akses terhadap Sumber Pembelajaran Terbuka semakin meningkat untuk mendukung kemajuan pendidikan secara inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.