Webinar Menjelajahi Potensi Sumber Pembelajaran Terbuka untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia, Jerman, dan Austria

Creative Commons Indonesia
Webinar_goethe
Lany pirna, Webinar Webinar OER - Menjelajahi Potensi Sumber Pembelajaran Terbuka, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Goethe-Institut Jakarta, SEAMOLEC, dan Creative Commons Indonesia (CCID) menyelenggarakan webinar berjudul “Menjelajahi Potensi Sumber Pembelajaran Terbuka” pada tanggal 6 April 2023. Webinar ini bertujuan untuk mendorong pertukaran informasi tentang implementasi dan pengembangan program OER di Indonesia, Jerman, dan Austria. Goethe-Institut sebagai lembaga kebudayaan Republik Federal Jerman mengadakan webinar ini untuk memfasilitasi berbagi praktik terbaik dalam mempromosikan dan memperkuat SPT di Indonesia.

Webinar ini dipandu oleh moderator Hugo Indratno dari Mentari Intercultural School Jakarta. Selain itu, webinar ini menampilkan tiga panelis, masing-masing diberikan waktu 15 menit untuk eksposisi materi yang diikuti oleh sesi tanya jawab selama 30 menit dengan peserta. Panelis pertama adalah Dr. Wahyudi, Direktur SEAMOLEC, yang mempresentasikan tentang Sumber Belajar SEAMOLEC. Panelis kedua adalah Susanne Grimm dari OERinfo, DIPF (Leibniz-Institut für Bildungsforschung und Bildungsinformation), yang berbicara tentang pengembangan OERinfo di Jerman. Panelis ketiga adalah Dr. Sandra Schön dari TU Graz Austria dan Universitas Negeri Malang, yang membahas pengembangan OER di Austria.

Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah menuju pendidikan terbuka dan memanfaatkan SPT. Ada banyak inisiatif SPT yang telah diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2013. Inisiatif SEAMOLEC terkait SPT adalah Sumber Belajar SEAMOLEC. Sumber Belajar SEAMOLEC adalah platform berbagi konten terbuka yang menyediakan konten dalam berbagai bentuk seperti dokumen, gambar, grafis, dan video.

Pada tahun 2022, Creative Commons Indonesia (CCID) meluncurkan Proyek Adicita yang berfokus pada pendidik di Indonesia. CCID berharap dapat berpartisipasi dalam mempromosikan, mengembangkan, dan memperkuat ekosistem Sumber Daya Pendidikan Terbuka di Indonesia sehingga pemenuhan hak asasi manusia dalam mengakses pendidikan berkualitas dapat terwujud. Buklet SPT adalah salah satu hasil proyek, yang disusun secara kolaboratif, termasuk SEAMOLEC sebagai salah satu kolaborator.

Peserta dari webinar ini termasuk beberapa aktivis SPT dan lembaga/organisasi pendidikan di Indonesia. Webinar ini juga terbuka untuk pendidik yang telah membuat materi pengajaran digital. Webinar ini diselenggarakan secara online menggunakan platform Zoom. Pembicara, moderator, dan peserta terhubung melalui Goethe Institute dan terhubung dengan akun YouTube SEAMOLEC. Tujuan dari webinar ini adalah untuk menginspirasi pendidik lainnya untuk mengembangkan platform SPT dan memanfaatkan SPT untuk kemajuan pendidikan. Rekaman dari webinar ini dapat diakses di akun Youtube SEAMOLEC di sini.