Webinar Pengenalan Sumber Pembelajaran Terbuka Bersama Komunitas Bumi Intimung Berbagi

Creative Commons Indonesia
Webinar_kaltara
Webinar SPT Kaltara oleh Lany pirna, Wikimedia Commons, CC BY-SA 4.0.

Creative Commons Indonesia (CCID) bekerjasama dengan Komunitas Bumi Intimung Berbagi mengadakan Webinar Pengenalan Sumber Pembelajaran Terbuka pada hari Senin, 27 Maret 2023. Komunitas Bumi Intimung Berbagi sendiri merupakan komunitas guru yang berbasis di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Komunitas Bumi Intimung Berbagi kami ajak untuk mengadakan webinar ini sebagai kelanjutan kerja sama sebelumnya, yaitu survei sumber pembelajaran terbuka yang dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2022.

Acara webinar dibuka dengan sambutan dari perwakilan Komunitas Bumi Intimung Berbagi yakni Ibu Heppi Ramat. Materi pertama yang dibahas dalam sesi webinar “Berbagi Bahan Ajar Digital dengan Lisensi Creative Commons” mengenai dasar-dasar Hak Cipta dan Lisensi Creative Commons oleh Fitriayu. Untuk memudahkan peserta memahami dasar-dasar hak cipta, peserta diajak untuk mengikuti permainan kuis miskonsepsi Hak Cipta. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan lisensi Creative Commons, mulai dari 4 ketentuan hingga 6 jenis lisensi Creative Commons.

Kemudian materi selanjutnya oleh Raymond Sutanto selaku perwakilan dari CCID. Raymond memperkenalkan sumber pembelajaran terbuka (SPT) yang menjadi topik utama dalam webinar ini. Selain pengantar mengenai konsep dasar SPT, peserta juga diajak untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai SPT, sambil membaca buklet digital SPT seri 1 dan seri 2 yang telah dibagikan pada peserta. Kegiatan ini sekaligus menjadi penutup acara webinar.

***Kegiatan ini merupakan rangkaian lokakarya dan webinar Sumber Pembelajaran Terbuka Creative Commons Indonesia. Kegiatan ini di bawah naungan Proyek Adicita dengan dukungan dari Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat ekosistem sumber pembelajaran terbuka (SPT) di Indonesia.