Beranda/ Acara /Laporan Konferensi Tingkat Tinggi Dunia Creative Commons 2019 di Lisbon, Portugal

Laporan Konferensi Tingkat Tinggi Dunia Creative Commons 2019 di Lisbon, Portugal

Seluruh Perwakilan Lokal Jaringan Global CC di CCGS 2019 oleh Sebastian Ter Burg.jpg

Seluruh perwakilan lokal CC pada sesi pemantapan strategi jaringan global CC. Foto oleh Sebastiaan ter Burg, CC BY 2.0, melalui Flickr.

Tahun ini, Creative Commons (CC) menyelenggarakan kembali CC Global Summit selama 3 hari (9-11 Mei 2019) di Lisbon, Portugal. Konferensi tahunan ini kembali mengundang peserta dari berbagai latar belakang dan kenegaraan mulai dari aktivis, pengacara, pengajar, akademisi, seniman, dan lain-lain untuk berkumpul dan saling berbagi pengetahuan tentang pemajuan penerapan lisensi terbuka. CCGS menyediakan berbagai sesi dengan tema yang beragam (126 macam lokakarya dan diskusi, termasuk pidato kunci), baik yang khusus disiapkan oleh CC maupun persembahan dari peserta untuk peserta. Creative Commons Indonesia (CCID) mengirimkan 5 orang perwakilan untuk menghadiri acara tersebut. 3 dari 5 perwakilan tersebut adalah 3 peserta terbaik CCID-ToT, yaitu para penerima beasiswa perjalanan untuk menghadiri CCGS 2019.

3 Penerima Beasiswa Perjalanan ke CCGS 2019 dari program CCID-ToT (FA).JPG

Seluruh perwakilan lokal CC pada sesi pemantapan strategi jaringan global CC. Foto oleh Fitriayu

Pada tahun ini juga terdapat satu sesi yang didedikasikan khusus dalam rangka pembangunan kembali Jaringan Global Creative Commons (Creative Commons Global Network) yang laporannya dapat Anda akses di sini. Di ranah peserta, 150 orang dari seluruh peserta merupakan penerima beasiswa perjalanan dari CC yaitu 38% dari keseluruhan peserta. Penerima beasiswa perjalanan merupakan representasi dri 59 negara yang berbeda. 66% dari penerima beasiswa merupakan para peserta dari dunia selatan dan 39% berasal dari Eropa.

Seperti pada tahun sebelumnya, tiap sesi di konferensi ini disusun berdasarkan bidang atau jenis aktivitasnya, yaitu:

CCGS 2019 D3 The CC Certificate now and what's next (FA).jpg

Hilman Fathoni mempresentasikan aktivitas penerjemahan modul CC Certificates ke Bahasa Indonesia. Foto oleh Fitriayu.

CCGS 2019 D3 How can we promote CC awareness in new communities (FA).jpg

Siti Nurleily Marliana ikut serta dalam sesi Lightning Talks dengan tema "How can we promote CC awareness in new comunities. Foto oleh Fitriayu.

Salah satu pembeda terbesar pada gelaran konferensi tahun ini adalah pemisahan pidato kunci dari jadwal utama konferensi, yaitu dengan menempatkannya seluruh sesi pidato kunci pada malam pembukaan konferensi. Selain itu, Konferensi tahun ini menyediakan sesi pidato kunci paling banyak dibandingkan konferensi di tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya terdapat 8 sesi pidato kunci yang dipersembahkan pada malam pembukaan. Daftar pemateri pidato-pidato tersebut dapat Anda akses di sini.

Karya Florens Debora di Meja Informasi CCGS 2019 (FA).jpg

Karya Florens Debora Patricia di Meja Informasi CCGS 2019. Foto oleh Fitriayu.

Rincian masing-masing sesi yang kami ikuti di konferensi ini dapat Anda baca di laman wiki kami (belum tersedia).

Tim CCID di CC Global Summit 2019 oleh Sebastian Ter Burg.jpg

Tim CCID di CC Global Summit 2019.Foto oleh Sebastiaan ter Burg, CC BY 2.0, melalui Flickr.


Tags: