Beranda/ Acara /Para Pelaku Kreatif, Ayo Kenali Hakmu dan Bagikan Karyamu!

Para Pelaku Kreatif, Ayo Kenali Hakmu dan Bagikan Karyamu!

Poster acara KHBK.jpeg

Sebagai pelaku kreatif di ranah digital, apakah kalian pernah berpikir, “Kalau saya membagikan karya saya secara gratis di Internet, apakah berarti orang lain bisa memanfaatkannya sedangkan saya tidak mendapat apa-apa?” Atau mungkin, kalian bertanya-tanya, “Bagaimana caranya agar karya saya bisa tersebar luas di Internet tetapi saya tetap bisa mendapat pemasukan?”

Apabila ya, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kalian temukan di acara “Pelaku Kreatif: Kenali Hakmu, Bagikan Karyamu” yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Creative Commons Indonesia (CCID). Acara akan dibagi menjadi dua bagian yaitu Kenali Hakmu dan Bagikan Karyamu.

Pada “Kenali Hakmu”, akan dijelaskan mengenai hak-hak apa saja yang perlu diketahui oleh pelaku kreatif mengenai hak cipta. Tidak hanya itu, kalian juga berkesempatan mendengarkan pengalaman Anggung Suherman, personil Bottlesmoker, sebagai pemusik yang menggunakan lisensi CC untuk membagikan karya musiknya.

Pada “Bagikan Karyamu”, akan diadakan gelar wicara membahas model bisnis terbuka (open business model) dan peluang penerapannya bagi pelaku kreatif di Indonesia. Pembahasan ini akan didasarkan pada buku “Made With Creative Commons” yang terjemahannya akan diluncurkan di acara yang sama. Buku tersebut merupakan panduan praktis bagi pelaku kreatif yang ingin menggunakan model bisnis terbuka. Di buku ini, kalian dapat belajar dari 24 individu dan organisasi yang telah berhasil menerapkannya. Selain itu, akan dihadirkan pula dua praktisi model bisnis terbuka yakni Wok The Rock sebagai pendiri Netlabel Yes No Wave dan Rania Amina selaku Perwakilan Komunitas Desain Grafis GimpScape ID. Keduanya akan berbagi pengalaman mengenai praktik model bisnis terbuka yang telah mereka jalankan.

Selain diskusi, acara juga akan dimeriahkan dengan hiburan musik dari Sungai dan diakhiri dengan penampilan dari Bottlesmoker.

Acara ini akan diadakan pada Rabu, 10 April 2019, 14.00-22.00 WIB, di Eastparc Hotel Yogyakarta

Pendaftaran Acara ini terbuka untuk umum, tidak dipungut biaya dan terbatas untuk 100 orang peserta. Dalam acara ini peserta juga akan mendapatkan buku terjemahan Made with Creative Commons dalam versi bahasa Indonesia.

Kami mengundang Anda untuk membaca informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran peserta dan mendaftarkan diri Anda dengan mengklik tautan ini!


Tags: