Beranda/ Acara /Creative Commons Indonesia Kembali Dikukuhkan Sebagai Perwakilan Resmi CC di Indonesia

Creative Commons Indonesia Kembali Dikukuhkan Sebagai Perwakilan Resmi CC di Indonesia

Thumbnail.JPG

Foto oleh Susi Harja Hunusalela

Pada tanggal 26 Januari 2019 lalu, Proyek Creative Commons Indonesia menyelenggarakan diskusi terbuka sebagai upaya merangkum usulan-usulan dari anggota komunitasnya, sekaligus mengukuhkan kembali Creative Commons Indonesia (CCID) sebagai perwakilan resmi (chapter) Creative Commons (CC) di Indonesia. Dengan mengetahui pertanyaan, permasalahan, dan usulan yang diungkapkan melalui forum ini, CCID berharap dapat semakin baik dalam berkiprah sebagai salah satu sistem pendukung (support system) bagi komunitas pengguna lisensi Creative Commons (lisensi CC) di Indonesia. Dalam pertemuan ini juga ditetapkan 2 (dua) pengurus CCID sebagai perwakilan resmi yaitu Fitriayu sebagai Chapter Leader dan Hilman Fathoni sebagai Global Network Council Representative. Pengampu kedua posisi ini ditentukan melalui proses pemungutan suara yang mengikutsertakan seluruh peserta diskusi terbuka.

Konsep chapter team meniadakan keberadaan perwakilan lokal sebagai badan hukum, dan menganjurkan bentuk komunitas. Dengan bentuk tersebut, diharapkan konsep keterbukaan chapter team dapat berjalan dengan baik. Siapapun dapat berkontribusi untuk chapter team, baik peserta diskusi dan yang bukan peserta, baik dari dalam maupun luar chapter team. Untuk melancarkan proses tersebut maka Creative Commons Global Network (CCGN) memandatkan agar prinsip keterbukaan diterapkan pada diskusi. Maksudnya adalah dengan mengajak siapapun yang berminat dengan CC, khususnya pihak-pihak yang ingin berkontribusi lebih melalui CC, baik secara luring maupun daring. Selanjutnya, perwakilan resmi lokal yang baru dibentuk diinstruksikan untuk mengirimkan seluruh dokumentasi diskusi terbuka kepada Network Manager dari CCGN. Selain itu, perwakilan lokal baru juga diwajibkan untuk membuka dokumentasi tersebut bagi seterbuka mungkin agar dapat diakses oleh semua orang.

Akses berkas-berkas dokumentasi dari diskusi terbuka CCID melalui pranala berikut ini. Berkas-berkas yang tersedia adalah:

  • Rekaman Suara Diskusi Terbuka CCID - 20190126 - 13.00-16.00 WIB
  • Materi Presentasi Diskusi Terbuka CCID - 20190126 - 13.00-14.00 WIB
  • Notula Diskusi Terbuka CCID - 20190126 - 13.00-16.00 WIB
  • You can also access the english version here.

Silakan perhatikan konten masing-masing berkas dengan cermat, kami nantikan kontribusi Anda!

NB: Kami berencana untuk segera menyelenggarakan diskusi terbuka CCID kedua secara daring. Nantikan informasinya!

Akses notula diskusi terbuka kedua di sini! Akses notula diskusi terbuka ketiga di sini!


Tags: