Beranda/ Acara /Tugas Lapangan CCID-ToT oleh Florens Debora Patricia di Institut Bisnis dan Informatika Stikom, Surabaya

Tugas Lapangan CCID-ToT oleh Florens Debora Patricia di Institut Bisnis dan Informatika Stikom, Surabaya

SPPCID_9_Oktober_2018_Lokakarya_Lisensi_CC_CCIDTOT_di_Fakultas_Hukum_UNILA.jpeg

Sejak pertama kali diumumkan pada bulan Februari 2018 program Creative Commons Indonesia-Training of Trainers (CCID-ToT) kini telah masuk ke tahap penyeleksian terakhir. Pada misi terakhir ini peserta diwajibkan menjalankan tugas lapangan yakni menyelenggarakan presentasi mengenai lisensi Creative Commons (lisensi CC) di tempat peserta berdomisili. Dengan menyelesaikan misi ini maka peserta dinyatakan berhak menerima besiswa sertifikasi Creative Commonsdan memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa perjalanan ke CC summit 2019 di Lisbon, Portugal bagi 3 peserta dengan nilai terbaik.

Tugas Lapangan Florens CCID-ToT Surabaya.jpeg

Florens Debora Patricia, merupakan peserta pertama asal Surabaya yang menjalankan misi terakhir ini. Florens memilih mengadakan lokakarya di kampus STIKOM tempat ia mengajar. Lokakarya diselipkan di tengah materi ilustrasi dasar yang diampuhnya. Sekitar 40 peserta mengikuti lokakarya CC pada tanggal 03 Oktober 2018.

[SPCCID] 03 Oktober 2018 Tugas Lapangan Florens CCID-ToT Surabaya.jpeg

Materi lisensi CC yang dipaparkan oleh Florens sangat erat kaitanya dengan tataran teknis yang sering dihadapi oleh para ilustrator mulai dari perbedaan antara hak cipta dan hak merek. Berlanjut mengenai lisensi hak cipta dan jenisnya yakni lisensi terbuka dan tertutup. Hingga penjelasan lebih mendalam mengenai lisensi CC dan contoh penerapan karya ilustrasi dengan lisensi CC pada platform flickr. Selama pemaparan materi dipaparkan peserta pun diperkanankan bertanya sehingga penjelasan akan materi lisensi CC lebih mendalam dalam ranah kreatif khususnya ilustrasi dan desain.

[SPCCID] 03 Oktober 2018 Tugas Lapangan Florens CCID-ToT Surabaya 2.jpeg

Tidak hanya menjelaskan mengenai lisensi CC saja,tetapi Florens juga adanya pelibatan peserta dengan membentuk kelompok. Tiap kelompok akan ditugaskan untuk berdiskusi mengenai karya ilustrasi mana yang akan diterapkan dengan lisensi CC. Setelah itu, tiap kelompok akan mempresentasikan mengenai karya tiap anggotanya dan jenis lisensi CC apa saja yang dipilih pada karya tersebut. Kemudian dijelaskan juga alasan memilih pilihan lisensi tersebut dan apa saja yang diperkenankan oleh pencipta ke pengguna terhadap karya berlisensi CC tersebut. Sebagai bentuk apresiasi, tiap kelompok yang sudah melakukan presentasi diberikan buku pedoman praktis penggunaan lisensi CC.

[SPCCID] 03 Oktober 2018 Tugas Lapangan Florens CCID-ToT Surabaya 3.jpeg

Selain Florens masih ada lagi peserta CCID-ToT lainya yang akan menjalankan misi ketiga ini dari berbagai kota di Indonesia. Ditunggu lokakarya lisensi CC dari peserta CCID-ToT di kota berikutnya!


Tags: