Beranda/ Acara /Tugas Lapangan CCID-ToT oleh Yosefin Canda Pranadewi di PPM Manajemen, Jakarta

Tugas Lapangan CCID-ToT oleh Yosefin Canda Pranadewi di PPM Manajemen, Jakarta

WhatsApp Image 2018-10-18 at 12.05.06 PM.jpeg

Sejak pertama kali diumumkan pada bulan Februari 2018 program Training of Trainers Creative Commons Indonesia (CCID-ToT) kini telah masuk ke tahap penyeleksian terakhir. Pada misi terakhir ini peserta diwajibkan menjalankan tugas lapangan yakni menyelenggarakan presentasi mengenai lisensi Creative Commons (lisensi CC) di tempat peserta berdomisili. Dengan menyelesaikan misi ini maka peserta dinyatakan berhak menerima besiswa sertifikasi Creative Commons dan memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa perjalanan ke CC summit 2019 di Lisbon, Portugal bagi 3 peserta dengan nilai terbaik.

Yosefin adalah salah seorang alumni Program Magister Sekolah Tinggi Manajemen dan Akuntansi PPM yang kini juga aktif sebagai konsultan di PPM Manajemen . Lokakarya dilaksanakan secara tertutup mengundang jajaran tenaga kerja, peneliti, dan mahasiswa dari institusi tersebut.

Dalam lokakarya ini, Yosefin mengangkat tema “Membangun Kepedulian Serta Etika Dalam Penggunaan Data dan Informasi Melalui Literasi Lisensi”. Tema tersebut dianggap penting mengingat eratnya kaitan aktivitas penelitian, pengajaran maupun pelatihan yang dengan mekanisme perlindungan hak cipta. Pada konteks PPM Manajemen, pelisensian ciptaan, khususnya melalui lisensi terbuka, dapat membantu proses kolaborasi dalam pundi-pundi aktivitas tersebut. Lisensi terbuka, dapat membantu pencipta atau pemegang hak cipta membagikan ciptaan sambil mempertahankan beberapa haknya, tanpa sama sekali mendedikasikan hak cipta ke domain publik. Selain itu, pengetahuan tentang ketentuan lisensi yang diterapkan pada setiap ciptaan yang diakses dapat membantu mereka ketika berfungsi sebagai pengguna ciptaan untuk mengerti etika penggunaan ciptaan secara langsung.



Tags: