Beranda/ Berita /Terjemahan Bahasa Indonesia Laporan Tahunan "State of the Commons" 2017

Terjemahan Bahasa Indonesia Laporan Tahunan "State of the Commons" 2017

SOTC 2017.jpg

Halo sobat CCID!

Hasil terjemahan Bahasa Indonesia dari laporan tahunan “State of the Commons” 2018 kini sudah dapat Anda akses di tautan ini. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, laporan ini merupakan salah satu upaya dari Creative Commons (CC) untuk merayakan pencapaian-pencapaian yang terjadi karena kerja keras para “anggota” komunitasnya. Bertambahnya hal-hal yang disoroti dalam laporan ini pun terinspirasi oleh ucapan Molly Van Houweling yaitu bahwa gerakan Creative Commons tidak terbatas pada keberadaan teknologi canggih saja, namun juga karena adanya kerja-kerja yang dilaksanakan oleh tenaga-tenaga kreatif untuk memastikan teknologi canggih tersebut dapat menjadi lebih bermanfaat. Hal lain yang juga menjadi menarik pada laporan ini adalah bertambahnya jumlah ciptaan berlisensi CC dari 1,2 Miliar menjadi 1,4 miliar ciptaan.

SOTC 2017 2.jpg

Jumlah ciptaan berlisensi CC dari seluruh dunia dari tahun ke tahun.

Bertambahnya jumlah ciptaan berlisensi CC sebanyak 200 juta ciptaan dari tahun lalu menunjukan semakin terlihatnya pandangan kami tentang ekosistem yang lebih bebas dan terbuka. Angka ini juga menjelaskan lebih banyaknya pertambahan jumlah ciptaan berlisensi CC jika dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah ciptaan dari dua tahun sebelumnya. Sebagai contoh MET Museum mengumumkan sekitar 350,000 koleksi digitalnya di bawah lisensi CC0. Kemudian terdapat Public Library of Science (PLOS) yang menyediakan lebih dari 200,000 konten ilmu pengetahuan di situs webnya. Selain itu, salah satu rekanan kami dalam agenda “The Big Open”, Wikipedia, berhasil menambahkan jumlah artikel pengetahuan sebesar 42 juta artikel berlisensi CC BY-SA dalam berbagai bahasa.

sotc 2017 3.jpg

Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam laporan tahun ini adalah program Sertifikat Creative Commons (CC Certificates). Program ini diluncurkan pada akhir tahun 2017 dan telah dilaksanakan dengan status percobaan pada bulan Januari hingga Maret tahun 2018. Pelaksanaan sertifikasi tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari pengajar dan pustakawan dari seluruh dunia. Pada bulan Juli 2018 sesi sertifikasi kembali dilaksanakan dengan spesifikasi keahlian pustakawan. Program ini juga direncanakan untuk dilaksanakan di Indonesia dengan Bahasa Indonesia pada bulan Januari 2019.

sotc 2017 4.jpg

Laporan tahun ini juga menampilkan laporan keuangan dari CC. Seperti yang bisa Anda lihat laporan keuangan yang tersedia adalah laporan pengeluaran dan pendapatan dari hasil audit keuangan Creative Commons pada akhir tahun 2017. Pada tahun 2017 lalu sektor pendidikan menempati tempat tertinggi di laporan pengeluaran CC. Dan pada tahun 2017 pendapatan CC paling banyak didapatkan dari lembaga donor.

CC masih membuka kesempatan kepada Anda untuk turut serta menerjemahkan laporan ini, termasuk terjamahan versi Bahasa Daerah, jika berminat, Anda dapat langsung menghubungi pihak CC melalui [email protected].


Tags: