Beranda/ Berita /Tampilan Baru Laman Ketentuan Lisensi Lengkap Creative Commons

Tampilan Baru Laman Ketentuan Lisensi Lengkap Creative Commons

New-Old Legal Code.jpg

Tampilan lama dan baru laman ketentuan lisensi lengkap Creative Commons

Hal yang paling terlihat dari pembaruan laman ini adalah tata letak dan warnanya yang disesuaikan dengan situs web resmi Creative Commons yang kami desain ulang pada tahun 2016, yang juga disesuaikan dengan laman ketentuan lisensi ringkas yang didesain ulang pada tahun 2017. Hal ini perlu dilaksanakan karena laman lisensi ringkas adalah laman yang paling sering dilihat oleh para pengguna lisensi Creative Commons (lisensi CC). Disadari bahwa teks dan gambar di laman penjelasan tersebut sulit untuk dibaca melalui telepon genggam. Maka dari itu bersamaan dengan ini telah dipastikan bahwa laman-laman penjelasan ketentuan lisensi ini ramah untuk dibuka melalui telepon genggam.

translat.jpg

Pilihan pengganti bahasa yang baru di laman penjelasan ketentuan lisensi CC.

Untuk memudahkan proses penggantian bahasa yang digunakan pada laman penjelasan ketentuan lisensi CC tersebut, ditambahkan pula tombol pengubah bahasa (Languange Switcher) yang baru. Sebelumnya tombol pengubah bahasa ini berupa daftar menyamping yang ada di atas dan di bawah laman penjelasan ketentuan lisensi CC. Karena posisi tombol tersebut dirasa kurang efektif, maka dari itu kini tombol tersebut hanya disediakan di bagian atas laman saja. Tombol baru ini memungkinkan para pengakses laman untuk menggunakan fitur “daftar menurun” (dropdown menu) ketika hendak mengganti bahasa yang ditampilkan pada laman yang diakses.

Yang terakhir, terdapat dua hasil pengubahan baru pada laman tersebut. Terdapat dua teks penjelasan tentang ketentuan penggunaan lisensi dan penjelasan tentang kebijakan pemilihan lisensi. Penjelasan-penjelasan ini adalah hal yang sangat penting, namun disadari bahwa kadang hal ini bisa mengecoh pengakses laman untuk memahami ketentuan sambil membaca penjelasan ini. Pengubahan ini menjadikan penjelasan ketentuan penggunaan lisensi dalam format cetak miring dan penjelasan tentang kebijakan pemilihan lisensi disingkat dengan tombol “baca lebih lanjut” (read more), supaya ketika pengakses laman memang ingin membacanya mereka tinggal mengklik tombol tersebut.


Tags: