Beranda/ Berita /Pola-Pola Terbuka Untuk Diwarnai: Patterns for Colouring (CC BY-NC-SA)

Pola-Pola Terbuka Untuk Diwarnai: Patterns for Colouring (CC BY-NC-SA)

Pernah mendengar kegiatan mewarnai sebagai sarana relaksasi?

Pernah mendengar konsep print and play dari ranah kartu permainan?

Bagaimana jika dua konsep tersebut digabungkan?

02pencils.gif}

Logo proyek Patterns for Colouring

Kegiatan mewarnai sebagai sarana relaksasi dicetuskan oleh Carl G. Jung, seorang psikiater dari Swiss. Menurutnya mewarnai adalah salah satu cara mengaktifkan kedua belahan otak dan merangsang area otak yang berhubungan dengan keterampilan motorik, indera dan kreativitas. Hal ini juga didukung oleh psikolog Antoni Martinez yang merekomendasikan kegiatan mewarnai sebagai langkah menuju ketenangan pikiran. Kegiatan yang tadinya banyak dilakukan oleh anak-anak ini pun sekarang juga banyak dilakukan oleh orang dewasa dengan terbitnya buku mewarnai pola oleh Johanna Basford.

Patterns for Colouring adalah proyek yang digagas oleh Carlton Hibert, seorang desainer grafis asal Britania Raya. Dalam proyek ini Carlton menyediakan pola-pola yang dapat diunduh secara gratis dan langsung dicetak untuk diwarnai. Hingga kini telah tersedia sebanyak 260 pola di situs web proyek tersebut. Carlton membebaskan Anda untuk mengakses pola-pola tersebut asalkan Anda mengikuti ketentuan lisensi yang diterapkan yakni lisens CC BY-NC-SA 2.0 UK: England and Wales.

Ketentuan-ketentuannya adalah:

by-nc-sa.png

BY (Atribusi): Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.

NC (NonKomersial): Anda tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial.

SA (BerbagiSerupa): Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.

pattern248strip.pngcenter>Salah satu contoh pola yang dapat Anda unduh dan langsung dicetak untuk diwarnai.</center>

Artinya Anda diperbolehkan untuk mengunduh, menggandakan, mencetak, dan mewarnai pola-pola tersebut asal bukan untuk kepentingan komersial dan harus selalu menyebutkan nama pencipta atau sumber ciptaan (atribusi), dalam hal ini Carlton, pada setiap penggunaan. Aturan main ini mirip dengan yang diterapkan oleh Card Againts Humanity. Kartu permainan ini menganut sistem ‘‘print and play’’ yang memungkinkan pemainnya untuk mengunduh dan mencetak kartu-kartu tersebut untuk dimainkan. Card Againts Humanity juga menerapkan ketentuan lisensi yang sama sehingga hal ini memungkinkan para pemainnya untuk menggubaha konten dari kartu-kartu tersebut sesuai dengan keinginan mereka.

Kembali ke Patterns for Colouring, Carlton sangat terbuka jika diantara pengakses situsnya ada yang hendak mengkontribusikan pola buatan mereka sendiri ke situsnya. Yang harus diingat adalah setiap kontribusi yang disumbangkan harus menerapkan ketentuan lisensi yang sama dan harus mengikuti serangkaian aturan teknis untuk menjaga kualitas gambar yang disediakan. Selain itu Carlton juga menyediakan beberapa pola yang bisa langsung diwarnai melalui iPad. Yang lebih menarik lagi, ia mengundang setiap pengguna pola-polanya untuk mengunggah hasil gubahan atau mewarnai mereka ke grup Flickr khusus Patterns for Colouring. Ayo, mulai warnai pola-polanya dan bagikan hasilnya di bawah lisensi yang sama!


Tags: