Beranda/ Berita /Arsip Pertunjukan Musik Terbuka di Internet Archive oleh Etree!

Arsip Pertunjukan Musik Terbuka di Internet Archive oleh Etree!

Anda suka menghadiri konser musik?

Anda suka merekam pertunjukan tersebut?

Anda suka berbagi?

Etree bisa jadi salah satu komunitas yang bisa Anda ikut.

etree.png

Etree adalah sebuah komunitas berbagi berkas rekaman konser musik secara daring beroperasi sejak tahun 1998. Seluruh berkas rekaman musik yang ada di situs ini dapat Anda akses untuk membagikan hasil rekaman konser musik yang kemudian dapat diunduh dan dibagikan kembali oleh para pengakses tersebut.

Bagaimana hal ini dapat diwujudkan?

IA 1.jpg

Etree di Internet Archive

Setiap grup musik atau penyanyi memiliki kebijakan terkait perakaman musik oleh pengunjung konser yang mereka adakan atau ikut serta. Beberapa, atau setidaknya 179.871 konser musik yang ada di arsip Etree, menerapkan kebijakan yang terbuka pada tindakan perekaman permainan musik mereka pada waktu konser. Kebijakan tersebut biasanya merupakan pernyataan yang memberikan para perekam legitimasi untuk mengabadikan konser musik tersebut dalam bentuk audio yang berkualitas dan legitimasi untuk membagikannya secara daring, asal bukan untuk kepentingan komersial. Salah satu contoh kasus menarik terjadi pada grup musik psychedelic-rock bernama Grateful Dead.

IA 3.jpg

Kebijakan perekaman dan berbagi berkas rekaman konser musik Grateful Dead

Grateful Dead merupakan band yang selalu menghadirkan keunikan pada setiap pertunjukannya. Jika seorang penggemar melewatkan salah satu konser musik Grateful Dead, dapat dipastikan bahwa ia tidak akan dapat melihat lagi apa yang telah mereka tampilkan di konser tersebut pada kosner selanjutnya. Maka dari itu upaya perekaman setiap konser yang mereka helat menjadi sebuah kebiasaan di kalangan penggemar mereka. Dan, melihat kebiasaan perekaman dan berbagi rekaman konser tersebut, kemudian mereka mengumumkan sebuah kebijakan, yang juga selalu diumumkan pada tiap konser mereka, bahwa perekaman yang dilakukan oleh para penggemar adalah hal yang legal. Mereka boleh merekam dan membagikan kembali hasil rekaman tersebut, asal bukan untuk kepentingan komersial. Dengan kebijakan tersebut, mereka kemudian mencetak rekor sebagai salah satu grup musik dengan rekaman konser terbanyak, sejumlah 11.757 konser diarsipkan di kanal Internet Arhive Etree.

IA 2.jpg

Laman rekaman konser musik Grateful Dead di Internet Archive

Selain Grateful Dead, Anda juga dapat menemukan grup musik atau penyanyi tersohor lain di kanal ini seperti John Mayer, Smashing Pumpkins, Jack Johnson, atau Elliot Smith. Dengan membuka akses untuk menjaga keeratan hubungan mereka dengan penggemar, tidak satu pun dari musisi-musisi tersebut mengalami kebangkrutan dari penjualan album musik maupun tiket konser mereka. Mereka tetap terus melakukan tur dan membuat musik tanpa mengalami kemerosotan secara finansial. Dengan melihat praktik ini dapat disimpulkan juga bahwa lisensi terbuka seperti Creative Commons hanyalah satu dari banyak cara dalam penerapan prinsip keterbukaan. Banyak cara-cara lain yang bisa diterapkan, yang salah satunya sepeti yang dilakukan oleh grup musik dan para penyanyi ini, kebijakan yang dibangun secara independen yang sesuai dengan kebutuhan dalam hubungan mereka dengan penggemar.


Tags: