Beranda/ Berita /Berkas Suara Ruang, Gratis dan Berlisensi Terbuka, dari Free to Use Sounds!

Berkas Suara Ruang, Gratis dan Berlisensi Terbuka, dari Free to Use Sounds!

“Sementara potret dapat menggantikan sejuta kata, rekaman suara dapat menggantikan sejuta potret” *Bernie Krause dalam The Great Animal Orchestra

Bernie Krause adalah seorang ahli perekaman suara ruang (soundscape) yang mendedikasikan hampir seluruh masa hidupnya untuk merekam suara alam baik perkotaan maupun hutan. Ia berada di antara dedikasi Alan Lomax yang sudah tutup usia untuk musik tradisional Amerika Serikat dan dedikasi Palmer Keen untuk musik tradisional Indonesia kontemporer yang bisa dibilang baru saja dimulai. Di samping tokoh-tokoh tersebut, terdapat dedikasi lain lagi yang muncul dan menarik perhatian. Dedikasi ini bernama Free to Use Sounds, inisiatif yang dimulai oleh Libby dan Marcell, aktivis perekam suara dari Amerika Serikat.

Free-to-use-sounds-logo-24863a.png

Melalui proyek ini mereka banyak membagikan rekaman-rekaman suara ruang mulai dari suara binatang, suara kendaraan, suara konstruksi bangunan, suara keramaian pasar, dan lain sebagainya dengan lisensi terbuka Creative Commons BY (Atribusi).

BY.png

Artinya, koleksi rekaman suara-suara tersebut, tanpa izin langsung pencipta, dapat digandakan dan disebarluaskan, diubah atau digubah, dan digunakan kembali untuk kepentingan komersial. Ketentuan lisensi ini mensyaratkan setiap penggunaan kembali untuk menerapkan atribusi yang sesuai terhadap pencipta ciptaan berlisensi CC BY tersebut.

1-3276f1.jpg

Selain dapat mengakses koleksi suara tersebut secara keseluruhan melalui bagan perpustakaan suara di situs web mereka, kita juga dapat mengakses koleksi pilihan di laman bandcamp mereka. Bandcamp juga merupakan salah satu platform berbagi musik yang memberikan pilihan lisensi CC pada setiap penggunanya. Koleksi suara yang mereka rekam dan bagikan di bandcamp semuanya juga menggunakan lisensi CC BY, namun karena koleksi ini merupakan koleksi pilihan mereka menerapkan sejumlah biaya untuk mendapatkan akses penuh terhadap rekaman-rekaman suara tersebut.

Apa manfaat rekaman-rekaman suara ini?

Belum banyak contoh penyediaan data-data terbuka dalam bentuk suara, upaya yang mereka lakukan ini dapat menjadi salah satu bentuk penyediaan data terbuka dalam format suara yang bisa kita tiru dan kembangkan model penyediaannya sesuai dengan data-data terbuka dalam format audio apa yang dibutuhkan dalam konteks hari ini. Selain itu, dalam ranah pembuatan film profesional, Bernie Krause memulai karir awalnya sebagai perekam suara ruang supaya rekaman suara tersebut dapat digunakan dalam produksi karya sinematografi. Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh Free to Use Sound. Rekaman-rekaman suara sebagai konten terbuka yang mereka produksi ini amat bermanfaat bagi setiap pembuat video atau karya sinematografi jika mereka membutuhkan efek-efek suara tertentu pada film mereka. Contohnya bisa dilihat pada koleksi suara benda-benda dalam rumah yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan suara lebih tegas pada beberapa adegan film yang terjadi di dalam rumah.

Upaya yang mereka lakukan ini masih terus berjalan dan terus mendapatkan dukungan dari para pengguna koleksi suara-suara tersebut. Mari terus dukung dan doakan supaya upaya ini tidak terhenti dan terus dapat mendokumentasikan suara ruang yang tiap hari perubahannya begitu cepat hari ini.


Tags: