Beranda/ Sobat CCID /Album musik berlisensi CC BY-NC-SA di laman bandcamp Orange Cliff Records, Sorge Records, dan Karma Records

Album musik berlisensi CC BY-NC-SA di laman bandcamp Orange Cliff Records, Sorge Records, dan Karma Records

Selain pada ranah fotografi, penggunaan lisensi Creative Commons juga populer dikalangan grup musik maupun penyanyi solo di Indonesia. Berdasarkan hasil penghitungan kami, per Oktober 2016, terdapat setidaknya 600 album musik berlisensi CC di Indonesia, dengan lisensi CC Atribusi-NonKomersial-Berbagi Serupa (CC BY-NC-SA) sebagai pilihan lisensi yang digunakan paling banyak. Praktek penerapan lisensi CC pada album grup musik maupun penyanyi di Indonesia banyak dilakukan oleh label rekaman daring (internet label atau netlabel) dengan memanfaatkan platform Internet Archive (IA) yang menyediakan pilihan lisensi CC. Platform-platform lain yang juga digunakan untuk berbagi konten musik berlisensi CC oleh label rekaman-label rekaman di Indonesia ialah Bandcamp. Namun, kedua platform ini lebih sering dimanfaatkan oleh label rekaman yang juga merilis rekaman musik dalam format fisik dan juga oleh grup musik maupun penyanyi di situs Bandcamp mereka masing-masing. Dua platform tersebut sama-sama menyediakan 6 pilihan lisensi CC yaitu:

Pada bulan September 2016, kami mewawancarai salah satu label rekaman non-netlabel yang menerapkan lisensi CC di Indonesia, Kolibri Rekords. Selain Kolibri, terdapat dua label rekaman lain, setidaknya yang terdeteksi oleh kami, yang menggunakan lisensi CC di Indonesia, yakni Karma Records, Sorge Records, dan Orange Cliff Records. Benang merah antara ketiga label rekaman tersebut dengan Kolibri Rekords adalah mereka sama-sama merilis album musik berlisensi CC secara daring sekaligus fisik. Dilihat dari koleksi album musik yang mereka rilis, Orange Cliff Records dan Karma Records sama-sama memiliki minat dalam merilis album musik dari grup musik maupun penyanyi bergenre Rock ‘n Roll dengan beragam gaya serta turunannya. Sorge records bisa dibilang lebih mirip dengan Kolibri dilihat dari kecenderungannya untuk merilis grup musik dengan musik yang minimal dan lembut. Namun, benang merah yang menjadi penyatu keempat label rekaman tersebut adalah mereka memilih lisensi yang sama yaitu lisensi CC BY-NC-SA. Jika boleh menambahkan, rilisan terbaru label rekaman Royal Yawns dari Bandung, “Berbagi Kamar” dari Rekah juga menerapkan lisens CC BY-NC-SA yang artinya:

by-nc-sa.png

BY (Atribusi): Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.

NC (NonKomersial): Anda tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial.

SA (BerbagiSerupa): Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.

Pemberitahuan lisens tersebut dapat Anda temukan pada bagian bawah tiap album maupun lagu yang diunggah di laman Bandcamp dan Soundcloud label rekaman maupun grup musik tersebut. Anda dapat menggunakan gambar berikut ini sebagai petunjuk:

3-8f8ab6.jpg}

Laman musik Oscar Lolang di laman Bandcamp Karma Records berlisensi CC BY-NC-SA

.


Tags: