Beranda/ Berita /Mari Perbaiki Sistem Pemberitaan Bersama Wikitribune!

Mari Perbaiki Sistem Pemberitaan Bersama Wikitribune!

wikitribune.jpg

Wikitribune adalah proyek terbaru Wiki yang diinisiasi oleh [Jimmy Wales (https://id.wikipedia.org/wiki/Jimmy_Wales) sebagai upayanya untuk menutup tirai dari model bisnis media yang menjual pemberitaan palsu (fake news). Untuk mewujudkan visinya, Jimmy mengundang seluruh pengguna internet, yang sama-sama peduli dengan isu ini, untuk memberikan donasi melalui situs wikitribune.com. Donasi ini nantinya akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan situs Wikitribune seperti pembangunan situs, menggaji para jurnalis, dan menutupi kebutuhan-kebutuhan operasional dari situs tersebut. Kini Wikitribune telah menerima donasi dari 11.183 pendukung dari usaha urun dananya. Wikitribune juga menerima bantuan dana dari perusahaan teknologi Korea bernama ESV, seorang pemimpin yayasan filantrofi Craig Newmark, The News Integrity Initiative, dan Google.

Kaitan Model Bisnis Media Terbaru dan Pemberitaan Palsu

Dalam perkembangannya, aktivitas sebagai pewarta atau aktivitas jurnalistik tidak lagi hanya dilakukan oleh para jurnalis dan kantor-kantor berita atau perusahaan media profesional saja. Setiap individu maupun kelompok yang mampu memanfaatkan teknologi internet dan perangkat-perangkat seperti media sosial maupun blog, dapat pula turut serta dalam zona aktivitas media daring. Kedua hal ini kemudian menjadi pengaruh munculnya model bisnis iklan (ad funded) yang dipraktekan oleh situs-situs media daring. Hal ini dilakukan oleh situs-situs tersebut karena mereka menyediakan konten-kontennya secara gratis kepada pembaca, pemasukan dari iklan digunakan untuk membiayai keberlangsungan situs tersebut. Keberadan model bisnis ini kemudian dimanfaatkan secara tidak bertanggung jawab oleh beberapa pihak dengan cara membagikan kabar-kabar menggemparkan yang sebagian besar darinya adalah pemberitaan palsu untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs mereka. Peningkatan jumlah pengunjung ini dapat meningkatkan pemasukan mereka dari iklan-iklan yang ada di situs tersebut. Alhasil, banyak tersebar konten-konten berita bohong yang menimbulkan kesalahpahaman dan tidak jarang dapat memecah belah kesatuan penduduk suatu negara.

Apa Yang Dapat Kita Lakukan Bersama Wikitribune?

article-illustration.jpg

Ilustrasi model artikel yang akan tersedia nantinya di Wikitribune

Proyek Wikitribune akan diwujudkan dalam bentuk situs web yang menerapkan prinsip kontribusi terbuka seperti proyek Wiki lainnya. Selain menyediakan sumber-sumber lengkap yang menjadi landasan penulisan artikel, artikel berita besutan jurnalis Wikitribune juga dapat langsung disunting oleh para kontributor yang sifatnya sukarelawan. Fungsi ini diadakan supaya kontributor atau pembaca dapat langsung melakukan koreksi apabila ada kesalahan redaksional maupun faktual. Kolaborasi ini dipercaya dapat menjaga menjaga kualitas tiap artikel yang ada di Wikitribune. Selain itu, Jimmy merasa bahwa buah pikiran tiap pembaca yang banyak tercurah dalam kolom komentar suatu artikel merupakan sesuatu yang bernilai. Maka setiap pembaca dapat menjadi kontributor di Wikitribune dan untuk menjaga kualitas artikel yang disumbangkan, artikel tersebut akan melalui proses pemeriksaan fakta terlebih dahulu oleh tim Wikitribune.

Wikitribune berniat untuk menerapkan model bisnis tanpa iklan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk memperoleh pemasukan, Wikitribune memanfaatkan dana yang diperoleh dari para penyumbang dari kanal urun dana yang dikampanyekannya. Untuk mempertanggungjawabkan dana yang diterima dari para penyumbang, Wikitribune akan menerbitkan laporan keuangan secara rutin. Dengan berjalannya model bisnis seperti ini diharapkan praktek media yang netral dan independen dapat terlaksana.

Situs ini akan melampirkan transkrip wawancara dan rekaman audio wawancara pada setiap artikel yang diterbitkan. Mengapa begitu? Hal ini dirasa perlu dilakukan dalam penerapan prinsip jurnalisme berlandaskan bukti (evidence based journalism) pada tiap pemberitaan Wikitribune. Lampiran-lampiran ini disediakan juga untuk menghindari adanya kesalahan pengutipan keterangan dari narasumber. Selain itu, lampiran ini juga dapat menjadi bukti autentik yang menyatakan bahwa keterangan-keterangan yang ada di artikel tersebut bukan keterangan yang dibuat-buat.

Sebelumnya, Wiki memiliki proyek situs web kanal berita, yaitu Wikinews. Namun, perbedaan yang diharapkan oleh Jimmy adalah Wikitribune dapat menjadi kanal berita terbuka yang tingkat kontribusi dan produksi kontennya dapat berjalan dengan lebih cepat daripada Wikinews. Jimmy menambahkan, bahwa Wikitribune juga akan berupaya menyediakan konten dalam sebanyak mungkin bahasa. Konten di situs tersebut dapat berupa berita lokal maupun internasional. Yang terakhir, semua konten di situs tersebut berlisensi CC Atribusi-BerbagiSerupa (BY-SA), artinya Anda dapat menggandakan, menyebarluaskan, menggubah, dan menggunakan konten-konten tersebut untuk kepentingan komersial, asal tetap menyebutkan sumber atau nama pencipta dari konten tersebut.

Segera kunjungi situs Wikitribune dan berikan dukungan Anda!

Ikuti juga setiap kegiatan Wikitribune di Medium, Instagram, Twitter, dan Facebook.


Tags: