Beranda/ Acara /Lokakarya Wikimedia Commons di Mozilla Community Space

Lokakarya Wikimedia Commons di Mozilla Community Space

Poster Acara Lokakarya Wikimedia Commons.jpeg

Poster Acara Lokakarya Wikimedia Commons di Mozilla Community Space

Pada 18 Juni 2017, tim Creative Commons Indonesia (CCID) kembali mengadakan lokakarya Wikimedia Commons bekerja sama dengan Mozilla Community Space. Lokakarya ini diselenggarakan sebagai bagian dari perhelatan kompetisi fotografi yang diadakan oleh Wikimedia Indonesia yaitu Wiki Cinta Alam Indonesia 2017. Hilman Fathoni (Konsultan Lisensi CCID) bertindak sebagai pemateri dalam lokakarya kali ini. Acara ini diadakan di Ruang Komuntias Mozilla Indonesia dari pukul 15:00 WIB hingga waktu berbuka puasa.

IMG-20170618-WA0018.jpg

Foto Bersama Peserta Lokakarya Wikimedia Commons

Hilman memulai lokakarya dengan menjelaskan hal-hal dasar seperti Wikimedia Commons sebagai tempat penyimpanan berkas media, format berkas media yang diterima oleh Wikimedia Commons, serta perbedaannya dengan Wikipedia. Selain itu, Hilman menjelaskan dengan panjang lebar terkait ketentuan-ketentuan hukum Hak Cipta di Wikimedia Commons seperti lisensi-lisensi terbuka yang berlaku, ketentuan pengunggahan karya milik orang lain, hingga ketentuan Freedom of Panorama (FoP). Diskusi terkait ketentuan FoP menjadi topik yang paling lama dibicarakan dalam lokakarya ini karena Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak menempatkan ketentuan tersebut di dalam Undang-Undang Hak Ciptanya. Konsekuensi dari hal tersebut adalah tidak dapatnya para kontributor Wikipedia dan Wikimedia Commons mengunggah obyek-obyek foto berupa Monumen, Patung, dan obyek-obyek yang ada di ruang publik lainnya ke Wikimedia Commons.

Lokakarya kemudian dilanjutkan dengan promosi kompetisi Wiki Cinta Alam Indonesia 2017 yang diikuti dengan penjelasan cara pengunggahan karya di Wikimedia Commons. Sebagai penutup materi lokakarya, Hilman memberikan poin-poin kesimpulan terkait kelebihan Wikimedia Commons sebagai tempat penyimpanan berkas. Hilman juga memberikan pranala untuk mengunduh materi-materi komunikasi dari Creative Commons Indonesia terkait lisensi Creative Commons. Acara kemudian ditutup dengan buka bersama para peserta lokakarya.


Tags: