Beranda/ Kajian /Rangkuman Produk Minggu Penggunaan Wajar 20-24 Februari 2017

Rangkuman Produk Minggu Penggunaan Wajar 20-24 Februari 2017

fair-use-week-logo-sm.jpg

Fair Use Week merupakan hari-hari istimewa untuk merayakan ketentuan Fair Use. Fair Use atau Penggunaan Wajar merupakan ketentuan yang ada pada setiap Undang-Undang Hak Cipta negara-negara yang paling tidak tergabung dalam World International Organization. Ketentuan penggunaan wajar adalah fungsi sosial dari Undang-Undang Hak Cipta yang mengizinkan pengguna ciptaan untuk menggunakan ciptaan tertentu tanpa izin pencipta dengan mengikuti ketentuan-ketentuan tertentu.

Ketentuan ini terdapat di Pasal 43-Pasal 51 Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Ketentuan ini diharapkan dapat menghidupkan fungsi sosial dari suatu ciptaan. Sehingga pelaksanaan perlindungan hak cipta tidak hanya berfokus pada kepentingan pencipta saja, namun juga pada kepentingan publik. Penjelasan pasal per pasal terkait ketentuan penggunaan wajar di Indonesia dapat ditermukan di artikel kami yang sebelumnya ini.

Fair Use Week 2017 diadakan pada tanggal 20-24 Februari 2017 oleh Asociation of Research Libraries (ARL), dan diikuti oleh 142 organisasi lain seperti Authors Alliance, Creative Commons, Electronic Fronties Foundation, Public Knowledge, R Street Institute, Re:Create, dan lain-lain. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para organisasi tersebut untuk mempromosikan kemungkinan-kemungkinan yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan ketentuan penggunaan wajar. Dalam kurun waktu tersebut, terdapat 100 artikel, 13 video, 3 infografis, dan dua rekaman siaran radio yang telah diproduksi. Produk-produk tersebut dapat Anda akses di tautan berikut ini:

Materi Komunikasi

fair-use-myths-and-facts-infographic-feb2017-11b12zd.jpg fair-use-myths-and-facts-infographic-feb2017-2-1jfozus.jpg

Infografis tentang Fakta, dan Mitos dari Fair Use oleh ARL. CC BY.

Adaptasi inforgafis ARL oleh Universitas Waterloo.

Komik berjudul “Fair Use and Unpublished Works” oleh Kyle Courtney, Jackie Roche, and Sarah Searle dari Unviersitas Harvard

Video/Audio

Video-video untuk merangsang analisis lebih lanjut terkait penggunaan wajar oleh Universitas Harvard, Universitas Duke, Universitas Virginia, dan Universitas Brigham Young.

Video penjelasan terkait “Penggunaan Ketentuan Penggunaan Wajar Untuk Mengamankan, dan Membagikan Informasi Resmi Pemerintah” oleh Lillian Rigling and Will Cross dari perpustakaan NCSU.

Lagu berjudul “Let The Go:A Copyright Policy Song” oleh Public Knowledge.

Video pedoman praktis penggunaan wajar oleh pembuat film oleh The Center for Media & Social Impact.

Re:Create mempubkliasikan episode keempat dari serial rekaman siaran radio berjudul Copy This dengan Corynne McSherry dari Electronic Frontier Foundation berjudul “Fair Use: You Use It More Than You Realize”.

Artikel

Pernyataan dukungan dari ARL Kanada untuk Fair Use Week 2017.

Jim Neal (Presiden Asosiasi Perpustakaan Amerika Serikat, dan pustakawan Columbia Unviersity) mempublikasikan tulisan berjudul “Balance is Everything” melalui The Hill.

Artikel harian dari organisasi terkait seperti Universitas Harvard, Center for Media & Social Impact, ARL, Authors Alliance, Universitas Dalhousie, Universitas Duke, Electronic Frontier Foundation, and Universitas Penn State.

Artikel berjudul “The Copyright Lobby’s IIPA Report: Fake News about the State of Canadian Copyright” oleh Michael Geist dari Unviersitas Ottawa.

Penejelasan Ann Ludbrook dari Universitas Ryerson terkait pentingnya Fair Use Week 2017 dalam konteks ketentuan penggunaan wajar di Kanada.

Fair Use Week 2018 akan diadakan pada tanggal 26 Februari hingga 2 Maret 2018.

Persiapkan, dan rencanakan keikutsertaan kita di Minggu Penggunaan Wajar selanjutnya!


Tags: