Beranda/ Berita /Menemukan Karya Fotografi dan Potret Bebas Hak Cipta Indonesia di Wikimedia Commons

Menemukan Karya Fotografi dan Potret Bebas Hak Cipta Indonesia di Wikimedia Commons

512px-Batak_Warriors_60011135_edit.jpg

Batak Wariors, Kristen Feilberg, Koleksi Museum Nasional Wereldculturen, Bebas Hak Cipta

Anda sudah baca artikel kami tentang Wikimedia Commons?

Sudah lihat juga berkas-berkas gambar dari Wikimedia Commons yang kami sisipkan di artikel kami?

Ingin tahu di mana tempat berkas-berkas gambar itu dikumpulkan di Wikimedia Commons?

Wikimedia Commons menyediakan alat pengkategorisasian yang memungkinkan seseorang untuk mengumpulkan berkas media yang diunggahnya di satu tempat, coba lihat kategori materi komunikasi Creative Commons Indonesia di tautan ini sebagai contoh.

Cara ini amat bermanfaat bagi pihak-pihak yang mengunggah berkas-berkas media secara massal di Wikimedia Commons. Mereka dapat menempatkan ribuan berkas yang mereka unggah di satu tempat untuk memudahkan pengguna dalam menemukan berkas yang mereka butuhkan.

Mari lihat aktivitas pengarsipan yang dilakukan oleh Tropenmuseum berikut ini.

12121.jpg

Tropenmuseum menyimpan berkas-berkas gambar mereka ke dalam kategori spesifik seperti “Images from Tropenmuseum” ini. Di dalam kategori tersebut kemudian Anda dapat menemukan beberapa kategori yang lebih spesifik seperti Indonesia/Tropenmuseum dengan konten berkas-berkas media berupa karya fotografi bebas hak cipta tentang Indonesia. Pengguna Wikimedia Commons lainnya juga dapat membuat kategori yang lebih spesifik lagi untuk beberapa gambar. Contoh kategori-kategori yang dimaksud adalah seperti kategori Prajurit di Indonesia, Busana Pria di Indonesia, Indonesia di abad 19, atau foto hitam putih dari Indoensia.

512px-Chitra_Dewi,_c._1955.jpg

Chitra Dewi, Tati Stuios Jakarta, Hasil restorasi Chris Woodrich, Bebas hak cipta

Pengunggah personal seperti Chris Woodrich (Crisco 1492) pun juga memanfaatkan cara ini. Ia menempatkan berkas-berkas pindaiannya yang telah bebas hak cipta ke kategori Hasil Pindaian oleh Chris Woodrich (Scans by Chris Woodrich).

Berkas-berkas tersebut kemudian biasanya akan diletakkan ke kategori yang lebih besar lagi oleh pengguna lain, seperti PD Old Indonesia, yang menyediakan akses ke berkas-berkas hasil pindaian bebas hak cipta hasil kontribusi personal maupun institusional di Wikimedia Commons.

pd.jpg

Ingin segera mencoba fasilitas pencarian berdasarkan kategori di Wikimedia Commons?

Anda dapat menerapkannya dengan menulis “Category: [hal yang anda cari]”. Pastikan Anda menuliskan hal-hal berupa suatu disiplin atau bidang seperti seperti “Category: Music”, atau “Category: Films” misalnya, atau sesuatu yang lebih spesifik seperti “Category: Musicians from India” atau “Category: Films of Switzerland”.

Lihat contoh pemanfaatan mesin pencarian berdasarkan kategori, dan hasil pencarian yang ditemukan berikut ini.

4334.jpg

Kotak pencarian berdasarkan kategori di Wikimedia Commons

dfgdfgd.jpg

Hasil pencarian kategori spesifik "Musicians from India"

Anda juga dapat melihat bagian bawah dari laman berkas yang Anda buka untuk menemukan beberapa kategori spesifik yang menarik seperti ini.

sdsds.jpg

Berkas-berkas yang ada di Wikimedia Commons kebanyakan merupakan berkas yang erat kaitannya dengan aktivitas akademis. Hal ini merupakan sumbangan besar bagi kegiatan dokumentasi, dan dapat menjadi sumber pembelajaran yang amat penting untuk mengenal lebih jauh sejarah kebudayaan suatu bangsa. Kita dapat melihat berkas-berkas yang disediakan oleh Tropenmuseum sebagai contoh. Berkas-berkas ini merupakan dokumentasi yang amat bermanfaat bagi kegiatan penelitian sejarah kebudayaan Indonesia. Selain itu, dengan mengetahui status hak cipta dari berkas-berkas tersebut, kita juga memperoleh kepastian hukum ketika kita memanfaatkan kembali berkas tersebut. Karena, terdapat informasi tentang lisensi atau status hak cipta pada setiap berkas yang dikontribusikan di Wikimedia Commons.

Akhir kata, selamat mencari, dan memanfaatkan kembali!


Tags: