Beranda/ Berita /Ketentuan Keterbukaan Akses European Space Agency

Ketentuan Keterbukaan Akses European Space Agency

1280px-ESA_LOGO.svg.png

Pada tanggal 20 Februari 2017, European Space Agency (ESA) menegaskan ketentuan Open Access (keterbukaan akses) untuk berkas audio, gambar, dan video yang mereka produksi. Selama lebih dari dua dekade, ESA telah membagikan hasil-hasil penelitiannya kepada publik melalui situs web, maupun akun jejaring sosial mereka. Ketentuan keterbukaan akses yang diterapkan ESA akan memperluas model pemanfaatan konten yang mereka bagikan kepada publik.

Untuk mengikuti langkah yang telah diambil oleh intergovernmental organizations (IGOs) lain seperti UNESCO, WIPO, dan WHO yang telah menerapkan prinsip keterbukaan akses ESA memutuskan untuk menerbitkan konten-kontennya dengan lisensi CC BY-SA 3.0 IGO sebagai sebuah standar.

Apa itu CC BY-SA 3.0?

by-sa-aa61b0.png

Pengguna ciptaan diizinkan untuk:

• Berbagi: Menyalin dan menyebarluaskan ciptaan. • Adaptasi: Mengubah, menggubah, dan membuat ciptaan turunan dari suatu ciptaan. • Menggunakannya untuk kepentingan komersial

Dengan catatan:

• Atribusi: Mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan (jika ada) perubahan yang dilakukan. • BerbagiSerupa: Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat ciptaan turunan dari suatu ciptaan, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.

Akses segera materi berlisensi terbuka ESA ditautan ini.


Tags: