Beranda/ Kajian /INILAH FILM-FILM INDONESIA YANG SUDAH BEBAS HAK CIPTA DI TAHUN 2017!

INILAH FILM-FILM INDONESIA YANG SUDAH BEBAS HAK CIPTA DI TAHUN 2017!

Halo sobat CCID!

Pada awal tahun Januari lalu kami mengabarkan kepada Anda terkait karya-karya musik Cornel Simanjuntak telah habis masa berlakunya pada tahun ini. Cornel Simanjuntak merupakan salah satu pencipta lagu yang penting di Indonesia. Beliau banyak menciptakan lagu-lagu bernuansa kebangsaan yang begitu seperti Maju Tak Gentar, dan Sorak-Sorak Bergembira. Lagu-lagu tersebut kini sudah dapat Anda gunakan secara bebas, dengan tetap menjaga kehormatan dari karya-karya tersebut, dan tetap menerapkan atribusi terhadap karya C. Simanjuntak yang Anda gunakan.

Kali ini, kami hendak memberikan kabar kepada Anda mengenai obyek hak cak cipta lain yang sudah habis masa berlaku hak ciptanya, yaitu Film (Sinematografi). Lain obyeknya, lain pula cara menghitung masa berlaku hak ciptanya.

Pasal 59 Undang-Undang Nomor 28. Tahun 2014 menyebutkan bahwa karya Fotografi, Potret, Permainan Video, Program Komputer, dan tentunya karya Sinematografi akan habis masa berlaku hak ciptanya 50 tahun setelah pertama kali diumumkan.

Jadi, karya sinematografi yang telah habis masa berlaku hak ciptanya pada tahun ini adalah karya-karya sinematografi yang diumumkan pertama kali pada 50 tahun lalu, yaitu tahun 1967. Hal ini juga berlaku pada film yang diumumkan pertama kali sebelum tahun tersebut.

dibalik-tjahaja-gemerlapan-1966.jpg

Dibalik Tjahaja Gemerlapan, salah satu film yang sudah habis masa berlaku hak ciptanya pada tahun 2016. (Sumber: Perpustakaan Nasional RI/Sinematek)

Kami menggunakan data yang disediakan oleh situs filmindonesia.or.id untuk menyusun daftar film Indonesia yang telah masuk ke domain publik pada tahun 2017.

Film-film itu ialah:

  1. Sendja di Djakarta (1967)
  2. Tiga Djari Berbisa (1967)
  3. Petir Sepandjang Malam (1967)
  4. Piso Komando (1967)
  5. Juba Saba Desa (1967)
  6. Mutiara Hitam (1967)
  7. Mahkota (1967)
  8. Di Sela-Sela Kelapa Sawit (1967)
  9. Menjusuri Djejak Berdarah (1967)
  10. Sembilan (1967)
  11. Dua Kali Dua Puluh Empat Jam atau 2x24 Djam (1967)
  12. Gadis Kerudung Putih (1967)
  13. Kasih Di Ambang Maut (1967)
  14. Bimo Kroda (1967)

Dari daftar tersebut setidaknya dapat kita ketahui terdapat 14 judul film yang mewakili genre-genre seperti drama, laga, dan horror. Film-film yang ada di daftar tersebut merupakan film-film yang dalam tahap pembuatannya melibatkan tokoh-tokoh seperti Misbach Yusa Biran, Bing Slamet, Nani Wijaya, dan Rachmat Kartolo. Apabila data yang kami rujuk akurat, maka seluruh film yang ada di daftar tersebut dapat Anda gunakan (tidak berlaku untuk hasil restorasi, tapi masih berlaku untuk hasil digitalisasi.red) untuk ditransformasikan ke bentuk digital, digandakan, dan disebarluaskan, bahkan untuk kepentingan komersial, tanpa perlu izin dari Pencipta maupun pihak yang terlibat dalam film tersebut. Yang terpenting, penggunaan karya-karya tersebut tetap menghormati hak moral dari si Pencipta. Artinya Anda harus selalu menyebutkan nama Pencipta, pada setiap penggunaan, dan menjaga kehormatan karya sekaligus si Pencipta.

Dengan adanya informasi ini, kami harap pihak-pihak yang telah berupaya untuk mendigitalisasi karya-karya sinematografi kita tidak ragu lagi ketika hendak membagikan karya tersebut secara luas. Ketentuan domain publik merupakan fungsi sosial hak cipta. Sudah selayaknya karya yang sudah habis masa berlaku hak ciptanya dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan publik. Entah itu kepentingan pendidikan atau rekreasi, komersial atau nonkomersial, film-film ini seharusnya tersedia untuk dimanfaatkan oleh publik.

Semoga bermanfaat, Salam.

Pengantar Redaksi: Kami akan terus memperbarui informasi ciptaan-ciptaan yang sudah habis masa berlaku hak ciptanya di Indonesia, juga informasi tentang tahun habis masa berlaku hak cipta karya-karya yang belum habis masa berlaku hak ciptanya, yang kami harapkan bisa menjadi suatu katalog bebas hak cipta Indonesia. Apabila Anda bersedia membantu melengkapi katalog ini, silahkan menghubugi kami melalui informasi kontak yang tertera di situs kami.


Tags: