Beranda/ Berita /Apakah organisasi Anda siap untuk menerapkan lisensi terbuka? Coba perangkat penilaian keterbukaan ini!

Apakah organisasi Anda siap untuk menerapkan lisensi terbuka? Coba perangkat penilaian keterbukaan ini!

WebRights.jpg

Apakah organisasi Anda berencana untuk menerapkan lisensi terbuka pada produk-produknya?

Apakah Anda merupakan orang yang berencana untuk mengajukan permintaan hibah pada lembaga donor yang mewajibkan organisasi penerima hibah untuk menerapkan lisensi terbuka pada produk-produknya?

Web2Rights, Creative Commons UK, dan JISC mengembangkan sebuah perangkat yang dapat menilai seberapa organisasi Anda untuk menerapkan prinsip keterbukaan dalam tiap aktivitasnya. Perangkat ini tercipta dari kegiatan JISC yang mewajibkan organisasi-organisasi penerima hibah dari mereka untuk menerapkan lisensi terbuka pada konten-konten buatannya, khususnya organisasi yang memproduksi konten berupa sumber pemebelajaran terbuka. Selain itu perangkat ini juga akan menilai kesiapan suatu organisasi untuk menerapkan lisensi terbuka, seperti lisensi lisensi Creative Commons, pada bidang yang mereka geluti. Nilai yang dikeluarkan oleh perangkat ini dapat menjadi bahan pertimbangan pada ranah apa saja prinsip keterbukaan, dan model lisensi terbuka akan diterapkan oleh suatu organisasi.

webrights2.jpg

Perangkat ini berfungsi dalam bentuk kuis yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Apakah Anda merupakan penerima hibah yang diwajibkan untuk menerapkan prinsip keterbukaan?
  • Apakah organisasi Anda sudah memiliki strategi dalam menerapkan prinsip keterbukaan?
  • Lisensi CC mana yang akan Anda terapkan?
  • Seberapa besar kesadaran terkait hukum hak cipta di organisasi Anda?

webrights3.jpg

Harapannya adalah setiap organisasi dapat lebih siap ketika mereka menerima dana hibah yang mewajibkan adanya prinsip keterbukaan seperti ini dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh organisasi tersebut. Skala penilaian yang disediakan oleh perangkat ini ada dari angka 10 hingga 150 (nilai tertinggi).

Ingin segera tahu seberapa siap organisasi Anda untuk menjawab tantangan menjadi organisasi serba terbuka?

Coba perangkat penilaiannya di tautan ini!


Tags: