Beranda/ Sobat CCID /Majalah Horison Akan Hadir di Wikimedia Commons Secara Bertahap

Majalah Horison Akan Hadir di Wikimedia Commons Secara Bertahap

Rapat_Bersama_di_Markas_Majalah_Horison_CCID-16_11082016-1024x576.jpg

Rapat Tim Wikimedia Indonesia dan Creative Commons Indonesia bersama Tim Redaksi Majalah Horison, 11 Agustus 2016

Pada hari kamis (11/08/2016) lalu, tim Wikimedia Indonesia dan Creative Commons Indonesia bertemu dengan Redaksi Majalah Horison. Majalah Horison merupakan salah satu majalah sastra yang aktif di Indonesia sejak tahun 60-an. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membahas proyek digitalisasi Majalah Horison. Kegiatan ini merupakan bagian dari Proyek Digitalisasi Konten yang diadakan oleh Wikimedia Indonesia sejak tahun 2013 lalu. Proyek ini diawali dengan pembelian mesin pemindai buku dari Latvia. Yang setahun kemudian dilanjutkan dengan uji pindai pada Ensiklopedia Indonesia Volume 1-7 yang dapat diakses dengan menggunakan akun terdaftar di situs web Bebaskan Pengetahuan.

448px-Majalah_Horison_hal._1_sampul_depan_Juli_1966.png

Sampul Majalah Horison edisi bulan Juli Tahun 1966. (Sumber Gambar)

Dalam pertemuan tersebut, Redaksi Majalah Horison menandatangani surat persetujuan untuk pengunggahan, kurang lebih, 264 edisi majalah Horison ke Wikimedia Commons. Majalah-majalah yang diunggah adalah Majalah Horison yang terbit dari tahun 1966 hingga tahun 1990. Edisi pertama Majalah Horison, yaitu edisi bulan Juli tahun 1966 sudah dapat Anda akses di tautan ini. Keseluruhan dari konten yang diunggah akan menggunakan lisensi CC BY-SA (Atribusi-Berbagi Serupa). Dengan menerapkan ketentuan BY-SA pada majalah yang diunggah, artinya pengguna konten Majalah Horizon dapat:

by-sa-aa61b0.png

  • Berbagi: Menyalin dan menyebarluaskan ciptaan.
  • Adaptasi: Mengubah, menggubah, dan membuat ciptaan turunan dari suatu ciptaan, termasuk penggunaan untuk kepentingan komersial.

Dengan catatan:

  • Atribusi: mencatumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menunjukan perubahan yang dibuat.
  • BerbagiSerupa: Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat ciptaan turunan dari suatu ciptaan, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.

Edisi-edisi selanjutnya akan diunggah secara bertahap di Wikimedia Commons oleh Tim Wikimedia Indonesia. Sementara itu, Anda juga bisa mengakses konten-konten Majalah Horison di horison-online.com.

Mari kita nantikan bersama-sama!


Tags: