Kegiatan

Creative Commons Indonesia Kumpul-Kumpul Bersama Komunitas Web Series Indonesia

Pada tanggal 18 Oktober 2012 lalu, Creative Commons Indonesia mendapat kesempatan untuk nongkrong bareng teman-teman dari Komunitas Web Series Indonesia (KWSI). Komunitas Web Series Indonesia adalah sebuah komunitas yang mengumpulkan para pembuat web series se-Indonesia. Istilah web series sendiri masih asing bagi masyarakat awam, mudahnya web series ini adalah sejenis video yang diunggah ke situs-situs seperti Youtube namun berseri laiknya sinetron yang tayang setiap hari. Video-video yang diunggah pun beragam tidak hanya video musik, video yang memuat pesan-pesan informatif seperti cara membuat sesuatu, hingga video yang memiliki jalan cerita tersendiri. Menurut pendiri dari Komunitas Web Series Indonesia, Dennis Adishwara, komunitas ini terbentuk juga sebagai sebuah upaya nyata melawan dominasi sinteron di televisi-televisi Indonesia yang semakin lama semakin membuat gerah, agar tidak dicap ngomong doang maka komunitas ini dibentuk dengan harapan dapat menampung teman-teman yang mau berbagi hasil kreativitasnya sebagai salah satu alternatif hiburan di Indonesia.

Pada pertemuan teman-teman KWSI yang ketiga ini, Creative Commons Indonesia diundang untuk ikut mengedukasi teman-teman pembuat video ini agar dapat membuat video dengan aman tanpa melanggar Hak Cipta siapa pun. Ari Juliano Gema hadir sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan tersebut. Dengan memperkenalkan lisensi Creative Commons, diharapkan teman-teman dari KWSI dapat memakai lisensi CC untuk menyebarluaskan hasil karyanya dan juga dapat memilih karya-karya yang telah memiliki lisensi CC untuk diadaptasi dalam video-video yang akan mereka buat. Lisensi CC juga mempermudah mereka dalam membuat video, karena dapat menghemat waktu yang harus mereka luangkan untuk meminta izin pemakaian apabila memakai karya dengan Hak Cipta konvensional.

Semoga kumpul-kumpul kali ini dapat memberi pencerahan pada seluruh pegiat web series di seluruh Indonesia untuk berkarya dan menularkan semangat berbagi dengan menggunakan lisensi Creative Commons.

Semangat berbagi!

 

 

Discussion

No comments yet.

Post a Comment

TWEET @CC_ID