Featured Posts

Creative Commons Indonesia Meramaikan Social Media Festival 2012

Social Media Festival 2012 merupakan sebuah event tahunan yang menjadi ajang selebrasi dari para penggiat media sosial Indonesia. Festival yang mengusung tema “Create and Collaborate” pada tahun ini mempertemukan para kreator media sosial Indonesia, mulai dari pembuat konten, penyedia platform, hingga pengembang infrastruktur penunjang kegiatan di media sosial. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 12, 13, 14 Oktober 2012 ini, masih dengan konsep yang sama seperti tahun lalu yaitu menghadirkan stand-stand yang diisi oleh komunitas-komunitas, hingga media dan brand yang dibingkai manis dengan hiburan-hiburan menarik.

Tahun ini, Creative Commons Indonesia berkesempatan untuk menjadi salah satu exhibitor dari gelaran Social Media Festival 2012 yang diselenggarakan di Gelanggang Senayan ini. Tanpa diduga antusiasme yang muncul dari masyarakat begitu besar mengunjungi stand Creative Commons Indonesia. Mulai dari para pekerja industri media sosial, seniman, hingga pelajar ternyata menyimpan berbagai pertanyaan mengenai Creative Commons. 100 buah buku Budaya Bebas karya Lawrence Lessig juga telah habis dibagikan pada kesempatan kali ini.

 

Beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah apakah lisensi Creative Commons sama dengan Hak Cipta? Apakah lisensi Creative Commons dapat melakukan tindakan apabila terjadi pelanggaran Hak Cipta? Apakah membutuhkan pendaftaran untuk menggunakan lisensi Creative Commons?

Lisensi Creative Commons adalah lisensi Hak Cipta, yang mana merupakan bagian dari Hak Cipta. Sehingga penggunaan lisensi Creative Commons ini memudahkan kita untuk berbagi konten milik kita tanpa terjadi pelanggaran Hak Cipta, karena sebelumnya kita telah membebaskan Hak Cipta pada konten yang ingin kita bagi tersebut. Creative Commons tidak dapat melakukan tindakan apapun apabila terjadi pelanggaran Hak Cipta, seluruh proses penindakan pelanggaran Hak Cipta adalah wewenang dari pihak yang berwajib. Lisensi Creative Commons ini merupakan lisensi gratis, karena tidak dipungut biaya apapun dan tanpa ada pendaftaran. Seluruh lisensi dapat dipilih dan diunduh pada creativecommons.org/choose/.

 

Gelaran Social Media Festival 2012 ini juga merupakan kesempatan bagi Creative Commons Indonesia untuk bertemu dengan Sobat CCID yang telah menggunakan lisensi Creative Commons. Bagi teman-teman yang juga ingin berbagi pengalamannya, mari bergabung pada event Creative Commons Indonesia selanjutnya. Sampai jumpa di Social Media Festival tahun depan!

 

 

Discussion

No comments yet.

Post a Comment

TWEET @CC_ID