Beranda/ Berita /SACEM (organisasi pengumpul royalti di Perancis) dan penggunaan #lisensiCC NC

SACEM (organisasi pengumpul royalti di Perancis) dan penggunaan #lisensiCC NC

Creative Commons Internasional telah membuat perjanjian dengan SACEM, organisasi pengumpul royalti untuk musik di Perancis, yang memungkinkan anggota SACEM melisensikan (sebagian dari) ciptaan mereka di bawah salah satu dari tiga lisensi CC dengan syarat nonkomersial. Tiga lisensi CC yang dimaksud adalah CC BY-NC, CC BY-NC-ND, atau CC BY-NC-SA. Kerja sama ini membuka pikiran organisasi pengumpul royalti terbesar di Perancis yang sebelumnya melarang para pencipta untuk menggunakan lisensi CC apapun.

120px-G-flat_Major_key_signature.png

Para pencipta yang merupakan anggota SACEM diharuskan untuk memberikan hak pengumpulan royalti kepada SACEM secara eksklusif. Hal ini akan tetap dilakukan, namun beberapa ciptaan telah dilepaskan untuk dapat digunakan secara gratis selama tidak digunakan untuk tujuan komersial. Creative Commons berharap kerja sama ini dapat menginspirasi para pencipta maupun organisasi pengumpul royalti di seluruh dunia.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar perjanjian ini, Anda dapat menghubungi membaca pertanyaan umum seputar SACEM pada tautan ini maupun pada situs SACEM.


Tags: