Beranda/ Berita /Alasan di balik penggunaan #lisensiCC oleh Wired.com

Alasan di balik penggunaan #lisensiCC oleh Wired.com

Camera.svg

Pada bulan November lalu, Wired.com memutuskan untuk menyebarluaskan foto-foto milik staf Wired.com di bawah lisensi CC BY-NC. Editor foto Wired.com, Keith Axline, kemudian menjelaskan bahwa penggunaan lisensi CC BY-NC juga didasarkan pada hubungan timbal balik. Selama ini, Wired.com seringkali menggunakan foto-foto di bawah lisensi CC. Dengan demikian, sekarang adalah saatnya Wired.com memberi kembali kepada komunitas CC. Adapun kekhawatiran yang dimiliki oleh Keith adalah apabila para pengguna foto tersebut merasa foto yang mereka gunakan tidak lagi bernilai. Foto tersebut memang disebarluaskan secara gratis, tetapi bukan berarti foto milik staf Wired.com tidak memiliki nilai apapun. Untuk itu, Keith berharap para pengguna tetap menghargai hasil karya staf Wired.com dengan patuh pada ketentuan lisensi CC yang digunakan.

Keith merasa tidak memerlukan satu jenis lisensi yang cocok untuk seluruh ciptaan. Wired.com memilih CC BY-NC karena mereka merasa jenis lisensi tersebut paling cocok dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Walau saat ini ia menggunakan lisensi CC, Keith menyadari akan tetap ada kelebihan dan kekurangan yang bisa dibandingkan dengan memegang hak cipta penuh. Untuk itu, Keith tetap menghargai para fotografer yang tetap ingin memegang hak cipta atas karya fotografi secara penuh sebagai cara mereka memperoleh penghasilan.

Baca hasil wawancara lengkap (dalam Bahasa Inggris) di sini.

Baca pula (dalam Bahasa Inggris): In pictures: Creative Commons photographers discuss their work (Fotografer Creative Commons membicarakan karya mereka)


Tags: