Beranda/ Kajian /Pencarian ciptaan dengan lisensi CC melalui Google

Pencarian ciptaan dengan lisensi CC melalui Google

Penting untuk mengetahui bagaimana menggunakan materi dengan lisensi CC sebelum Anda mencari. Lisensi CC yang berbeda memberikan hak penggunaan yang berbeda kepada Anda. Mengetahui apa yang dapat Anda lakukan terhadap materi yang Anda temukan dapat membantu Anda menentukan lisensi CC apa yang sesuai dengan tujuan Anda dalam menggunakan materi tersebut. Lebih lanjut: laman FAQ lisensi Creative Commmons bahasa Indonesia.

Untuk mendapatkan materi dengan lisensi CC, salah satu cara yang dapat Anda tempuh adalah penelusuran Google. Cara yang dapat Anda tempuh adalah sebagai berikut:

Langkah 1. Mulai penelusuran lanjutan Google Ketik http://www.google.co.id/advanced_search?hl=id untuk memulai penelusuran lanjutan Google (dalam Bahasa Indonesia).

Langkah 2. Filter hasil yang Anda inginkan Klik bagian Tanggal, hak penggunaan, wilayah, dan lain-lain. Pada bagian hak penggunaan, Anda dapat memilih filter pencarian ciptaan berdasarkan lisensi CC. Apabila Anda memilih “bebas dimanfaatkan atau dibagi-pakai”, maka Google akan memunculkan seluruh ciptaan yang diletakkan di bawah lisensi CC. Apabila Anda membatasi hasil pencarian pada materi yang dapat digunakan untuk kepentingan komersial, maka Anda secara otomatis meminta Google untuk mengesampingkan ciptaan yang diletakkan di bawah lisensi dengan persyaratan NonKomersial (seperti CC BY-NC, CC BY-NC-SA, atau CC BY-NC-ND).

pilihan-filter.jpg

Langkah 3. Cari kata kunci Setelah melaksanakan langkah 1 dan 2, Anda dapat memasukkan kata kunci pada kolom di bawah bagian “Temukan laman web yang mengandung…” dan Google akan menampilkan ciptaan di bawah lisensi CC yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

Silakan mencoba :)

Diterjemahkan dan disesuaikan berdasarkan http://creativecommons.org.au/content/Finding_CC_Materials_Google-_edu.pdf dari the ARC Centre of Excellence for Creative Industries and Innovation, the National Copyright Unit and Creative Commons Australia.


Tags: