Beranda/ Kajian /Pencarian ciptaan dengan lisensi CC melalui Firefox

Pencarian ciptaan dengan lisensi CC melalui Firefox

Penting untuk mengetahui bagaimana menggunakan materi dengan lisensi CC sebelum Anda mencari. Lisensi CC yang berbeda memberikan hak penggunaan yang berbeda kepada Anda. Mengetahui apa yang dapat Anda lakukan terhadap materi yang Anda temukan dapat membantu Anda menentukan lisensi CC apa yang sesuai dengan tujuan Anda dalam menggunakan materi tersebut. Lebih lanjut: FAQ Lisensi Creative Commons Bahasa Indonesia.

Untuk mencari materi dengan lisensi CC melalui penelusuran Firefox, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1. Mulai pencarian CC Firefox memiliki mesin pencari di sebelah kanan kolom halaman. Apabila belum Anda ganti, maka mesin pencari akan mengarah ke Google. Untuk mencari materi dengan lisensi CC, pilih pencarian ke Creative Commons dengan cara klik lambang ā€œGā€ dan kemudian pilih lambang CC dalam lingkaran.

Apabila Anda tidak menemukan pilihan lambang CC, Anda harus mengunjungi http://search.creativecommons.org/ terlebih dahulu, dan klik pada ā€œAdd CC Search to your browser.ā€ Selanjutnya, lambang CC dapat Anda temukan pada pilihan mesin pencari.

Langkah 2. Pilih kata kunci Masukkan kata kunci pada kolom yang tersedia dan tekan tombol enter atau klik lambang kaca pembesar di sebelah kanan.

Langkah 3. Terarahkan ke Portal Pencarian CC Anda akan terarahkan ke http://search.creativecommons.org dan memperoleh hasil pencarian. Dari sini, Anda dapat memilih filter hasil berdasarkan tujuan Anda, yaitu berdasarkan akan Anda gunakan untuk apakah materi yang Anda cari.

Silakan mencoba :)

Diterjemahkan dan disesuaikan berdasarkan http://t.co/pk35xfNH dari the ARC Centre of Excellence for Creative Industries and Innovation, the National Copyright Unit and Creative Commons Australia.


Tags: