Beranda/ Kajian /Dapatkah anggota organisasi pemungut royalti menggunakan lisensi Creative Commons?

Dapatkah anggota organisasi pemungut royalti menggunakan lisensi Creative Commons?

Pencipta dan pemegang hak cipta lainnya dapat memeriksa organisasi pemungut royalti sebelum menetapkan lisensi CC terhadap ciptaan mereka. Sebagian pemegang hak cipta adalah anggota organisasi pemungut royalti dapat mengesampingkan hak mereka untuk memungut royalti atas penggunaan yang diperbolehkan di bawah lisensi, namun hanya sejauh yang dimungkinkan oleh organisasi tersebut.

Organisasi pemungut royalti di Australia, Finlandia, Perancis, Jerman, Luksemburg, Spanyol, Taiwan dan Belanda memperoleh kewajiban atas hak (di Perancis disebut sebagai “mandat” dari hak tetapi memiliki efek praktis yang serupa) dari pencipta atas ciptaan yang telah ada saat ini maupun yang akan datang dan mengaturnya, sehingga organisasi ini secara efektif menjadi pemilik atas hak-hak tersebut. Pencipta dalam yurisdiksi organisasi pemungut royalti mungkin tidak dapat melisensikan ciptaan-ciptaan mereka di bawah lisensi CC karena hak yang diperlukan untuk melisensikan dimiliki oleh organisasi pemungut royalti, bukan para pencipta. CC bekerja sama dengan beberapa organisasi pemungut royalti dan menjalankan proyek yang memungkinkan pencipta untuk menggunakan lisensi CC atas ciptaan mereka di bawah beberapa kondisi.

Jika Anda sudah menjadi anggota organisasi pemungut royalti dan ingin menggunakan lisensi CC, silakan berdiskusi dengan organisasi pemungut royalti Anda untuk memberikan Anda pilihan lisensi Creative Commons.


Tags: