Beranda/ Kajian /Dapatkah lisensi Creative Commons diterapkan pada data atau basis data?

Dapatkah lisensi Creative Commons diterapkan pada data atau basis data?

Ya, lisensi CC dapat digunakan terhadap segala sesuatu yang dibatasi oleh hak cipta, termasuk data dan basis data yang berada di bawah hak cipta.

Perlu diperhatikan bahwa dalam versi 3.0 lisensi adaptasi yang dikembangkan untuk yurisdiksi di mana hak sui generis basis data berada, kondisi lisensi dikesampingkan untuk penggunaan yang melibatkan hanya hak sui generis (sebagai lawan dari hak cipta), memberikan batasan yang berbeda dari apa yang tercantum dalam lisensi kepada penerima lisensi. Untuk semua lisensi 3.0 (internasional atau adaptasi), hasilnya adalah sama: jika penggunaan tertentu dari basis data berimplikasi pada hak sui generis (hak yang bersifat terpisah dari hukum hak cipta di Uni Eropa dan beberapa negara lain) tetapi tidak mempengaruhi hukum hak cipta, kondisi lisensi tidak akan terpengaruh oleh penggunaan tersebut. Pengguna dalam kasus demikian tidak perlu memberikan atribusi atau tunduk pada kondisi yang relevan lain seperti NonKomersial, BerbagiSerupa, atau TanpaTurunan yang mungkin berlaku. Pemerintah dan pihak lainnya juga menggunakan lisensi CC untuk data dan basis data.

Creative Commons mempertimbangkan kembali bagaimana hak sui generis basis data (dan hak-hak lainnya yang serupa) akan disikapi dalam versi 4.0. Pantau laman ini untuk mengetahui perkembangan terbaru versi 4.0.


Tags: