Beranda/ Kajian /Dapatkah lisensi Creative Commons diterapkan pada suatu ciptaan milik publik (public domain)?

Dapatkah lisensi Creative Commons diterapkan pada suatu ciptaan milik publik (public domain)?

Tidak. Lisensi CC tidak dapat diterapkan pada ciptaan yang telah menjadi milik publik. Semua akta lisensi CC menyatakan jelas: “Milik Publik - di mana ciptaan atau elemen di dalamnya telah menjadi milik publik dan masuk ke ranah publik menurut hukum yang berlaku, dan status tersebut sama sekali tidak dapat terpengaruh oleh lisensi.”

Seorang pencipta dapat menerapkan lisensi Creative Commons untuk sebuah adaptasi dari ciptaan yang telah menjadi milik publik selama ia memegang hak cipta untuk adaptasi tersebut. Pemilik hak cipta atas koleksi ciptaan dapat menerapkan lisensi Creative Commons untuk koleksi tersebut walau koleksi berisikan ciptaan yang telah menjadi milik publik. Penerbit basis data dan ciptaan lain yang dilindungi oleh hak cipta (atau, dalam kasus basis data, hak sui generis basis data) dapat menggunakan lisensi CC bahkan jika bagian dari ciptaan atau isi dalam basis data telah menjadi milik publik. Namun, dalam masing-masing contoh, lisensi tidak mempengaruhi bagian-bagian dari ciptaan yang tidak dibatasi oleh hak cipta.

Jika Anda ingin menjadikan ciptaan Anda sebagai milik publik sebelum berakhirnya hak cipta atau hak sui generis basis data, gunakan CC0. Jika Anda ingin menandai sebuah ciptaan yang sudah masuk ke ranah publik di seluruh dunia, gunakan Penanda Milik Publik dari CC.


Tags: