Beranda/ Kajian /Bagaimana teknis cara kerja lisensi Creative Commons dan alat domain publik?

Bagaimana teknis cara kerja lisensi Creative Commons dan alat domain publik?

Lisensi Creative Commons memiliki tiga lapisan, seperti halnya dedikasi milik publik CC0: Lisensi Ringkas, Lisensi Lengkap, dan metadata terbaca-mesin. Tanda Milik Publik secara hukum tidak operatif, dan hanya memiliki dua lapisan: Lisensi Ringkas dan metadata terbaca-mesin.

Ketika suatu ciptaan berlisensi menggunakan lisensi CC atau alat apapun, sangat direkomendasikan bahwa sebuah lencana CC, teks, atau penanda lainnya dipadankan dengan ciptaan. Ada banyak cara untuk menandai. Untuk lisensi kami, banyak orang menggunakan pemilih lisensi CC untuk menghasilkan kode HTML yang dapat disisipkan di laman mana ciptaan berlisensi ditampilkan. CC0 dan Tanda Milik Publik memiliki pemilih yang terpisah. Banyak platform dan situs layanan seperti Flickr dan Drupal mendukung lisensi CC secara langsung dan memungkinkan Anda untuk memilih lisensi yang sesuai. Layanan ini kemudian menandai ciptaan untuk Anda.

CC telah memberikan saran mengenai beberapa praktik terbaik untuk menandai ciptaan Anda di bawah lisensi CC, dan merekomendasikan:

  • Termasuk indikator visual (beberapa kombinasi teks dan gambar) bahwa ciptaan berada di bawah salah satu lisensi CC.
  • Termasuk pranala ke lisensi terbaca-mesin (berisi pranala ke Lisensi Lengkap).
  • Mencantumkan metadata terbaca-mesin dalam kode indikator lisensi atau kode dari halaman berlisensi.

Lihat laman mengenai tanda untuk lebih jelasnya.


Tags: