Beranda/ Kajian /Bagaimana jika seorang Pencipta tidak suka dengan cara seseorang dalam menggunakan ciptaannya yang berlisensi Creative Commons?

Bagaimana jika seorang Pencipta tidak suka dengan cara seseorang dalam menggunakan ciptaannya yang berlisensi Creative Commons?

Lisensi Creative Commons tidak memungkinkan pemberi lisensi untuk mengontrol bagaimana ciptaan mereka seharusnya digunakan kecuali dibatasi oleh persyaratan lisensi yang mereka pilih (yaitu, NonKomersial, TanpaTurunan, dan BerbagiSerupa (jika modifikasi diizinkan)). Selama penerima lisensi mematuhi kondisi lisensi yang dipilih, pemberi lisensi tidak dapat mengontrol bagaimana ciptaan digunakan.

Walau demikian, lisensi CC menyediakan beberapa mekanisme yang memungkinkan pemberi lisensi dan pemilik hak cipta untuk memilih untuk tidak dikaitkan dengan ciptaan-ciptaan mereka atau penggunaan yang tidak mereka setujui. Pertama, semua lisensi CC melarang penggunaan persyaratan atribusi untuk menunjukkan bahwa pencipta asli atau pemberi lisensi mendukung penggunaan tertentu dari suatu ciptaan. Ketentuan “Tanpa Dukungan” ini melindungi reputasi, dan pelanggaran terhadapnya dipandang sebagai pelanggaran atas lisensi dan dapat berdampak pemutusan otomatis. Kedua, pemberi lisensi mengabaikan persyaratan atribusi - memilih untuk tidak diidentifikasi sebagai pemilik hak cipta atau pemberi lisensi dari ciptaannya - jika mereka ingin melakukannya. Ketiga, jika ciptaan ini dimodifikasi atau dimasukkan ke dalam koleksi, dan pencipta asli atau pemberi lisensi tidak menyetujui bagaimana ciptaan telah dimodifikasi atau digunakan dalam koleksi, lisensi CC mengharuskan seseorang yang memodifikasi ciptaan atau menggabungkan ciptaan menjadi koleksi untuk menghapus atribusi kepada pencipta asli atau pemberi lisensi berdasarkan pemberitahuan. Terakhir, jika lisensi CC yang dipilih mengizinkan modifikasi dan adaptasi dari ciptaan asli, maka setiap orang yang memodifikasi ciptaan harus menunjukkan bahwa ciptaan asli telah dimodifikasi. Hal ini untuk memastikan bahwa telah ada perubahan yang dibuat terhadap ciptaan asli - baik disetujui atau tidak oleh pencipta asli atau pemberi lisensi - tanpa dikaitkan kembali kepada pemberi lisensi.


Tags: