Beranda/ Kajian /Bagaimana cara menerapkan lisensi Creative Commons pada suatu ciptaan?

Bagaimana cara menerapkan lisensi Creative Commons pada suatu ciptaan?

Untuk ciptaan daring, Anda dapat menerapkan suatu lisensi CC dengan memilih lisensi yang sesuai dengan pilihan Anda. Setelah memilih lisensi, ikuti petunjuk yang disediakan untuk menyertakan kode HTML pada ciptaan Anda. Kode ini akan memunculkan suatu tombol lisensi dan pernyataan bahwa ciptaan Anda dilisensikan di bawah lisensi CC, atau tombol CC0 (domain publik) jika Anda memilih untuk mendedikasikan atau menyatakan ciptaan Anda sebagai domain publik dengan menggunakan salah satu dari alat domain publik kami. Tombol-tombol ini dirancang sebagai pemberitahuan untuk orang yang menemukan ciptaan Anda bahwa ciptaan tersebut dilisensikan di bawah lisensi CC yang sesuai atau domain publik. Kode HTML tersebut juga menyertakan metadata yang memungkinkan ciptaan Anda ditemukan melalui mesin telusur CC.

Untuk ciptaan daring: Pilih lisensi yang sesuai untuk ciptaan Anda dari pemilih lisensi CC dan kemudian ikuti petunjuk untuk menyertakan kode html dalam ciptaan Anda. Kode secara otomatis akan menghasilkan sebuah tombol lisensi dan pernyataan bahwa ciptaan Anda berlisensi di bawah lisensi CC. Kode html juga akan mencakup metadata, yang memungkinkan ciptaan untuk dapat ditemukan melalui mesin pencari ciptaan di bawah Creative Commons.

Untuk ciptaan luar jaringan: Identifikasi lisensi yang ingin Anda gunakan untuk ciptaan Anda dan baik (a) menandai ciptaan Anda dengan pernyataan seperti, “Ciptaan ini berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons [masukkan deskripsi]. Untuk melihat salinan dari lisensi, kunjungi [masukkan url]; atau (b) masukkan tombol lisensi yang berlaku dengan pernyataan yang sama dan tautannya.

Untuk memperjelas, satu-satunya perbedaan antara menerapkan lisensi CC untuk ciptaan luar jaringan dan ciptaan daring adalah bahwa ciptaan di luar jaringan tidak akan termasuk ke dalam metadata, sehingga pengguna tidak akan dapat menemukannya melalui mesin pencari ciptaan di bawah Creative Commons.

CC menawarkan penanda ciptaan dan petunjuk bagaimana untuk menandai ciptaan pada media yang berbeda.


Tags: