Beranda/ Kajian /Apakah yang disebut lisensi Creative Commons internasional ("tanpa adaptasi") dan mengapa CC menawarkan lisensi "adaptasi"?

Apakah yang disebut lisensi Creative Commons internasional ("tanpa adaptasi") dan mengapa CC menawarkan lisensi "adaptasi"?

Salah satu tujuan Creative Commons adalah memastikan bahwa semua perangkat hukum kami dapat digunakan secara global. Untuk tujuan ini, CC menawarkan enam lisensi inti hak cipta internasional (sebelumnya disebut “tanpa adaptasi”) yang disusun berdasarkan berbagai perjanjian internasional tentang hak cipta. CC menawarkan lisensi internasional tersebut sehingga siapapun, di manapun di dunia ini dapat berbagi ciptaan mereka dengan ketentuan standar global.

Creative Commons juga menawarkan versi adaptasi dari enam lisensi inti (“lisensi adaptasi”) untuk berbagai yurisdiksi (biasanya yurisdiksi disamakan dengan negara, tetapi tidak selalu). Lisensi adaptasi tersebut didasarkan pada paket lisensi internasional tetapi telah dimodifikasi agar bersesuaian dengan istilah dan kondisi yang diatur dalam hukum nasional, penyusunan peraturan turunan dan, tentu saja, bahasa. Lisensi adaptasi dan lisensi internasional ditujukan untuk dapat diberlakukan di manapun secara hukum. Namun, jika lisensi adaptasi di yurisdiksi Anda belum merupakan versi 3.0 (diluncurkan pada 2007), CC merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan penggunaan lisensi internasional yang setara dan mengambil keuntungan dari pengembangan yang ada dalam versi 3.0 yang dijelaskan pada laman lisensi versi.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan sebelum memilih lisensi internasional atau lisensi adaptasi.


Tags: