Beranda/ Berita /Apakah yang dimaksud dengan lisensi Creative Commons?

Apakah yang dimaksud dengan lisensi Creative Commons?

Lisensi Creative Commons (disebut pula sebagai “lisensi CC”) memberikan cara mudah untuk mengelola ketentuan mengenai hak cipta yang melekat secara otomatis pada setiap ciptaan. Lisensi kami memungkinkan ciptaan tersebut untuk dibagikan dan digunakan kembali di bawah persyaratan yang fleksibel dan sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Creative Commons menawarkan enam paket lisensi hak cipta. Tidak ada satu “lisensi Creative Commons,” karena itu, penting untuk mengidentifikasi mana dari enam lisensi yang Anda rasa cocok untuk diaplikasikan pada ciptaan Anda, dan mana dari enam lisensi tersebut yang telah diterapkan pada ciptaan yang hendak Anda gunakan.

Semua lisensi kami mengharuskan pengguna memberikan atribusi (BY) kepada pencipta asli dan pemberi lisensi (apabila merupakan subyek hukum yang berbeda) pada saat suatu ciptaan digunakan dan dibagi. Beberapa pemberi lisensi memilih lisensi BY karena hanya mensyaratkan hal di atas. Lima lisensi lainnya menggabungkan BY dengan satu atau lebih dari tiga kondisi tambahan: NonKomersial (NC), yang melarang penggunaan komersial dari ciptaan; TanpaTurunan (ND), yang memungkinkan penggunaan kembali tanpa mengubah ciptaan; dan jika modifikasi diperbolehkan, BerbagiSerupa (SA), yang mensyaratkan ciptaan yang dimodifikasi untuk diletakkan di bawah lisensi yang sama.

Lisensi CC dapat diterapkan untuk semua jenis ciptaan, termasuk materi pendidikan, musik, foto, database, informasi pemerintah dan sektor publik, serta jenis lainnya dari konten kreatif. Satu-satunya kategori ciptaan yang tidak merekomendasikan CC untuk diletakkan di bawah lisensi CC adalah perangkat lunak komputer dan ciptaan yang tidak lagi dilindungi oleh hak cipta atau telah menjadi milik publik.


Tags: