Beranda/ Kajian /Bagaimana aktivitas penggunaan karya dianggap sebagai suatu adaptasi?

Bagaimana aktivitas penggunaan karya dianggap sebagai suatu adaptasi?

Lisensi CC mendefinisikan istilah “Adaptasi” sebagai suatu “karya yang didasarkan Ciptaan [asli]”. Lisensi-lisensi sebelum v3.0 menggunakan istilah “Ciptaan Turunan” dalam lisensi internasional (tanpa adaptasi). Dalam lisensi CC, istilah ini berhubungan dengan definisi terkait sesuai hukum hak cipta yang berlaku. Hukum hak cipta memberikan hak kepada pencipta asli untuk membuat adaptasi berdasarkan ciptaan aslinya. Lisensi CC yang mengizinkan adaptasi memberikan izin kepada orang lain untuk membuat adaptasi sementara hal itu merupakan pelanggaran hukum hak cipta yang berlaku.

Apakah suatu modifikasi dianggap sebagai suatu adaptasi sesuai dengan lisensi CC adalah bergantung kepada hukum hak cipta yang berlaku. Umumnya, suatu modifikasi naik tingkat menjadi adaptasi saat ciptaan yang dimodifikasi didasarkan pada ciptaan sebelumnya, namun memiliki cukup kreativitas untuk dihakciptakan, seperti terjemahan suatu novel dari suatu bahasa ke dalam bahasa lain, atau pembuatan suatu film berdasarkan suatu novel. Di bawah lisensi CC, penyelarasan waktu pemutaran musik dengan gambar bergerak selalu dianggap sebagai suatu adaptasi.

Perhatikan bahwa semua lisensi CC mengizinkan pengguna untuk menerapkan haknya sesuai lisensi dalam segala format atau media. Perubahan tersebut tidak dianggap adaptasi, bahkan jika hukum yang berlaku mengadakan sebaliknya. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan ciptaan yang menggunakan lisensi CC BY-NC-ND, Anda dapat menyalin suatu berkas digital ke dalam bentuk cetak sepanjang Anda melakukan itu sesuai dengan persyaratan lain dari lisensi.


Tags: